Sukses

Bintik Merah dan Berair Pada Pipi Bayi

17 Mar 2015, 18:59 WIB
Pria, 21 tahun.

assalamualaikum dok, saya mau tanya kenapa ya di pipi keponakan saya seperti terkena suatu alergi, merah, berbintik, dan mengeluarkan cairan ? awalnya penyakit itu kecil namun lama kelamaan menjalar dan semakin panjang (tidak membesar namum memanjang), mungkin karena cairan itu mengalir ke pipinya, saya sudah membawa ke dokter setempat, dokter itu mengatakan keponakan saya cacingan, apakah itu benar dok ? cara mengobatinya dan obatnya apa dok ??? semakinh hari penyakit itu semakin menjalar panjang dok,,

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Gejala yang Anda sebutkan memang bisa jadi merupakan salah satu gejala dari alergi susu sapi, namun untuk memastikannya diperlukan informasi lebih lanjut dari pemeriksaan yang dilakukan secara langsung. Tentunya dokter yang memeriksa keponakan anda mempunyai pertimbangan tersendiri sebelum menegakkan diagnosis penyebab gejala tersebut. Untuk itu kami anjurkan anda berkonsultasi kembali dengan beliau untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut, demikian pula dengan terapinya.

Sedangkan Alergi susu sapi adalah reaksi alergi yang melibatkan antibodi IgE terhadap satu atau lebih fraksi protein yang terdapat dalam susu. Alergi susu sapi sering dikacaukan dengan intoleransi lakstosa oleh karena gejalanya yang serupa. Bagaimanapun, intoleransi laktosa dan alergi susu sapi tidak berhubungan. Alergi susu sapi merupakan reaksi alergi yang dipicu oleh sistem imun, sedangkan intoleransi laktosa adalah masalah yang disebabkan oleh sistem pencernaan.

Alergi susu sapi adalah reaksi alergi sejati yang dapat dideteksi dengan tes darah dan/atau prosedur sederhana yang disebut uji cukit kulit. 

Untuk membantu wawasan Anda seputar alergi terhadap susu, kami merekomendasikan beberapa tulisan berikut dengan mengakses klik link berikut ini : 

Gejala Klinis Alergi Susu Sapi

Soya Bukan Solusi Mengatasi Alergi Susu Sapi

Kenali Gejala Alergi Susu Sapi 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar