Sukses

Normalkah Tinggi Badan Anak Saya?

30 Jan 2015, 02:09 WIB
Wanita, 11 tahun.

bgm dng tinggi badan anak saya? apakah ada kelainan?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah faktor tinggi badan kedua orangtua. Perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan baru akan menutup pada usia 20-21 tahun. Proses pemadatan tulang dewasa akan berhenti sampai usia 35 tahun. Namun menutupnya lempeng pertumbuhan harus dibuktikan dengan foto rontgen di beberapa area tulang.

Faktor genetik yang mempengaruhi tinggi rendah badan seseorang dinamakan HMGA2. Perubahan sebuah "huruf" dasar di kode genetik HMGA2 yakni sebuah C (disingkat dengan Cytosine) akan mempengaruhi tinggi badan seseorang. Seseorang yang hanya mendapatkan C dari salah satu orang tuanya akan lebih tinggi setengah sentimeter dari yang hanya memiliki T (disingkat dari Thymin). Begitu pula, bila seseorang memiliki C ganda akan membuat mereka lebih tinggi satu sentimeter dari yang memiliki T ganda. Masih ada lagi gen-gen yang berkaitan dengan tinggi badan. HMGA2 hanya menjelaskan 0,3 persen dari keberagaman tinggi manusia.

Adapun rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

  • Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
  • Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Rumus tersebut tidak mutlak dan merupakan perkiraan, umumnya saat mencapai dewasa kebanyakan anak dapat mencapai sekitar 10 cm dari estimasi tersebut. Hasilnya tetap dipengaruhi oleh berbagai faktor lain seperti asupan gizi dan nutrisi, serta aktivitas fisik. Sayang sekali Anda tidak mencantumkan data tinggi badan Anda dan suami Anda, sehingga kami tidak dapat memperkirakan berapa kemungkinan tinggi anak Anda berdasarkan faktor genetik.

Berdasarkan data yang Anda berikan, pada usia 11 tahun berat badan Anak Anda adalah 50 kilogram dengan tinggi badan 157cm. Menurut World Health Organization(WHO), tinggi ideal anak perempuan yang berusia 11 tahun adalah 145 cm, dan seorang anak dikatakan tinggi apabila tinggi badannya berada 4 cm di atas tinggi badan ideal. Berdasarkan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT), sebenarnya anak Anda termasuk dalam golongan berat badan normal dengan IMT 20,28 (IMT normal 18,5-22,5), dimana berat badan ideal anak Anda adalah (46.17kg - 56.43kg). Anda juga dapat melakukan perhitungan sendiri melalui fitur Perhitungan indeks massa tubuh (IMT) yang terdapat di halaman depan website kami.

Apakah terdapat keluhan kesehatan pada Anak Anda?

Menurut perhitungan yang kami lakukan, anak Anda memang memiliki tinggi badan yang berlebih dibanding dengan anak perempuan Indonesia seusianya. Namun hal tersebut juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir. Jika Anda masih memiliki kekhawatiran terhadap pertumbuhan tinggi badan anak Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar