Sukses

Kram Perut dan Nafas Tidak Teratur Setelah Berlari

17 Mar 2015, 21:33 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, saya mau tanya,kenapa setelah saya berlari cepat mengelilingi lapangan, saya merasa agak dingin di ulu hati dan napas saya tidak teratur, apa ada penyakit yang membahayakan dengan kondisi seperti ini? terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Berdasarkan informasi yang Anda utarakan, kami menduga kondisi yang Anda alami masih merupakan kondisi yang normal. Perut terasa kram setelah berlari dapat terjadi akibat peningkatan asam laktat (sebagai produk sisa metabolisme anaerobik) pada otot perut disaat anda berlari. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan merupakan tanda peringatan untuk anda segera berisitirahat. Selain itu, kram akan berkurang seiring dengan waktu tanpa harus menggunakan obat.

Sedangkan nafas yang tidak teratur merupakan suatu bentuk kompensasi karena tubuh kekurangan oksigen disaat anda berlari. Normalnya kondisi ini juga akan mereda setelah anda beristirahat. 

Namun jika keluhan anda berlanjut, maka sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat untuk mendapatkan penangaan yang sesuai dengan penyebab kondisi anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar