Sukses

Penyebab Kulit Kaki Gatal

12 Nov 2014, 15:12 WIB
Wanita, 28 tahun.

Asslamu 'alaikum? Selamat siang Dok? maaf saya mempunyai masalah kulit yaitu pada jari jempol dan tengah kaki kiri kadang2 gatal sampai mengelupas dan luar cairan bening. dan bila sudah mengering kumat lagi gatalnya. begitu seterusnya. hal ini terjadi sudah hampir 5 bulan dan saya sudah menggunakan salep dari puskesmas, minum amoxilin dan sebagainya tetapi masih tetap kumat dan kumat lagi. mohon pencerahannya obat apa yang tepat untuk kaki saya? terima kasih.

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyakit kulit paling baik untuk didiagnosis berdasarkan pemeriksaan langsung karena begitu banyak penyakit kulit yang dapat menunjukkan gambaran serupa.

Untuk saat ini, kami hanya dapat mengatakan terdapatnya kemungkinan seperti dermatitis, infeksi jamur atau neurodermatitis sebagai diagnosis keluhan kulit yang anak Anda alami. Keadaan ini dapat dialami setiap orang dalam segala usia, namun khususnya terjadi jika kebersihan tubuh kurang. Dari yang kami ketahui tidak ada hubungan antara frekuensi sikat gigi dengan kelainan gatal di kaki.

Kulit merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap infeksi. Seorang dengan alergi memiliki kulit kering sehingga cenderung lebih rentan terhadap infeksi. Yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Pilih sabun mandi yang mengandung banyak moisturizer dengan sedikit busa
  • Gunakan pelembab bila perlu
  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering
  • Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan
  • Biasakan anak Anda untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya

Bagaimanapun, hal ini masih merupakankemungkinan  yang harus dibuktikan melalui pemeriksaan langsung oleh dokter yang kompeten. Untuk itu, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikannya. Diskusikanlah dengan dokter mengenai banyak hal yang masih membingungkan Anda, sehingga terapi dapat dilakukan secara lebih optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar