Sukses

Palpitasi Itu Apa?

01 Feb 2015, 23:41 WIB
Pria, 20 tahun.

Numpang tanya dok, menurut dokter palpitasi itu apa? dan cara menyembuhkannya bagiamana? Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Palpitasi adalah istilah medis untuk denyut jantung yang tidak teratur, terlalu kuat atau memiliki kecepatan abnormal. Palpitasi atau jantung berdebar memang dapat merupakan salah satu pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain, antara lain:

  1. Adanya gangguan panik, rasa khawatir, takut, stres (psikosomatis)

  2. Latihan fisik yang terlalu berat.

  3. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.

  4. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)

  5. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.

  6. Obat-obat pelangsing, asma.

  7. Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.

  8. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.

  9. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG.

Adakah salah satu dari penyebab di atas yang terjadi pada Anda? Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah Anda sedang mengalami masalah? Apakah keluhan tersebut muncul saat Anda sedang stres/sedih?

Stres dan kondisi psikis seseorang dapat mempengaruhi status kesehatan. Gangguan psikosomatis merupakan gangguan atau rangkaian keluhan yang dirasakan berhubungan dengan kondisi psikis, misalnya kondisi ketika seseorang mengalami tekanan mental (stres), yang diikuti oleh berbagai keluhan kesehatan seperti rasa sesak, cemas, berdebar-debar, peningkatan asam lambung, sakit kepala, dan sebagainya.

Cobalah untuk membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Lakukan kegiatan positif dan produktif seperti bersosialisasi, olahraga, menulis, dan sebagainya untuk mengindari perasaan marah/sedih atau gundah yang Anda rasakan. Berdoa, tenangkan diri dan terus berpikir positif.

Jika Anda memiliki masalah yang cukup berat, Anda dapat konsultasi dengan psikolog atau Dokter Spesialis Psikiatri untuk mencari tahu diagnosis dan terapi yang lebih tepat. Wawancara medis yang mendetil dan dilakukan secara langsung selalu lebih baik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar