Sukses

Perkembangan Anak

17 Dec 2014, 17:34 WIB
Pria, 30 tahun.

Siang dok saya mau menanyakan pekembangan anak dok. Dok saya punya anak baru pertama, anak saya bln ini ber umur 10bulan. Yg saya mau menanyak sampai bulan ini anak saya blm bs mrangkang dan blm bs duduk sendiri dok. Apa itu termasuk msh normal dok? Dan klou anak saya sering saya ajak duduk apa tulang punggung nya udah kuat klou anak saya tak dudukin dok? Mksh sebelum nya dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada anak usia 10 bulan, biasanya perkembangan anak yang seharusnya sudah dialami adalah:

Perkembangan motorik

Pada anak usia ini, bayi sudah bisa merangkak, beranjak berdiri dari posisi duduk, agak berjongkok/membungkuk ketika duduk kembali dan sedang senang memegang semua benda di sekitarnya termasuk tangan Anda. Sedangkan untuk bisa berjalan, biasanya masih dibutuhkan waktu beberapa bulan lagi. Pada usia 10 bulan, koordinasi bayi Anda juga sudah mulai meningkat. Anak sudah bisa memegang benda-benda kecil sendiri. Oleh karena itu perhatikan juga jangan sampai bayi Anda tersedak. Selain itu, biasanya ia juga sudah bisa memegang satu benda pada tangannya dan melakukan hal lain dengan tangan satunya. 

Perkembangan verbal

Bayi pada usia ini sudah bisa mencoba mengulang apapun yang Anda lakukan, mulai dari cara Anda menyisir rambut atau memegang handphone. Bayi Anda akan mendengar perkataan Anda seksama dan melihat reaksi Anda terhadap sesuatu. Pada usia ini, bayi juga sudah mulai bisa mengerti dan mengikuti perintah singkat seperti: "tepuk tangan" atau "melambaikan tangan". 

Tips untuk bayi Anda yang berusia 10 bulan:

  • Meskipun bayi Anda belum bisa berbicara, libatkan ia dalam perbincangan. Misalnya ajak ia mengobrol dengan menggunakan bantuan boneka. Cara ini akan membantu bayi Anda untuk belajar kata-kata baru. 
  • Perdengarkan musik. Musik apapun baik pop, country, klasik, dsb. Bayi Anda akan senang mengikuti iramanya dan sesekali mencoba berjoget.
  • Pada usia ini, anak biasanya sudah bisa menggumam, membuat kontak mata dan merespon perkataan dan perbuatan Anda. 
Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar