Sukses

Disfungsi Ereksi Pasca Stroke

18 Mar 2015, 16:47 WIB
Pria, 56 tahun.

Sy pernah kena stroke dan dlm wkt 1 minggu. Sdh pulih. Adakah kaitan stroke dengan kelemahan ereksi? Mohon advis

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pada Penderita stroke seringkali mengalami kelemahan anggota badan, tidak terkecuali pada organ seksual.

Terkadang penderita pasca stroke mengalami kehilangan hasrat seksual yang bisa terjadi sebagai akibat langsung dari stroke yang mengenai bagian otak yang biasanya memotong pesan-pesan untuk respon seksual dan menyebabkan terjadinya disfungsi ereksi pasca stroke, namun juga bisa disebabkan oleh penyebab-penyebab lain seperti obat yang dikonsumsi. Bahkan pada fungsi seksual yang masih baik, bisa terjadi gangguan hasrat seksual karena kecemasan, gangguan penampilan diri, depreso dan faktor emosiaonal yang ada hubungannya dengan keadaan pasca stroke.

Untuk itu kembalinya aktivitas seksual bergantung dari berat ringannya stroke yang diderita, maka diperlukan bagi penderita pasca stroke untuk melakukan hubungan seksual lagi.

Jika kondisi gangguan ini bertahan hingga berbulan-bulan setelah stroke, maka diperlukan pemeriksaan untuk menemukan penyebabnya. Bila penyebabnya adalah obat-obatan, maka perlu dicari penggantinya atau penurun dosis yang mengurangi efek sampingnya. Jika penyebabnya adalah kecemasaan atau depresi, maka diperlukan konseling psikologis yang sama pentingnya dengan perawatan fisik dan rehabilitasi.

Kami menyarankan anda untuk tetap melakuakn pemeriksaan rutin pasca stroke, dan berkonsultasi jika terdapat gangguan yang mengkhawatirkan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar