Sukses

Perubahan Payudara Saat Menyusui

29 Jan 2015, 21:54 WIB
Wanita, 23 tahun.

Salam, Dok, saya adalah Ibu dari 2 anak saya yang masih 4 tahun dan 2.5 tahun. Anak saya dulu minum ASI eksklusif selama kurang lebih 2 tahun. Yang jadi pertanyaan : 1. Apa benar selepas dari menyusui, maka payudara kita akan kendor bahkan cenderung mengecil? 2. Gmana solusinya agar payudara saya bisa kembali seperti semula, atau minimal tidak kendor begini dok? 3. Apakah obat2 herbal yg dijual di pasaran itu aman dikonsumsi dok? Dan apakah benar ada khasiatnya? Mohon penjelasannya ya dok... Hal ini sering mengganggu hubungan saya dan suami, karena suami menginginkan bentuk payudara saya seperti semula. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih dok. @Bungah - Jawa Tengah

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.  Pertama izinkanlah kami menjelaskan tentang perubahan payudara saat Anda menyusui. Saat Anda menyusui, aliran ASI dapat melebarkan kulit dan otot pada payudara. Hal ini dapat membuat payudara terlihat kosong saat ASI dan  sudah habis yang dapat menyebabkan bentuk dari payudara Anda kembali ke bentuk semula sebelum hamil. Jadi memang  kondisi “kempes” atau “turun” dapat terjadi setelah menyusui. Namun ada hal lain yang dapat menimbulkan hal ini:

    • Index Masa Tubuh (IMT) yang turun drastis
    • Jumlah kehamilan
    • Ukuran payudara besar sebelum hamil
    • Usia
    • Riwayat merokok 

Jadi Anda juga harus memperhatikan berbagai ha tersebut ketika melihat perubahan bentuk payudara Anda. Sayangnya, tidak ada cara non bedah spesifik untuk merubah bentuk payudara. Namun, Ibu menyusui dapat mengurangi risiko tekena kanker payudara sebesar 10-15 persen. Kami tidak dapat memberikan rekomendasi terkait pengobatan herbal, apakah jenis obat herbal yang Anda maksud?  Belum ada cukup bukti yang mendukung penggunaan obat herbal untuk ukuran payudara ibu menyusui.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar