Sukses

Akibat Penyakit Menular Seksual

15 Nov 2014, 21:42 WIB
Pria, 21 tahun.

saya ingin menanyakan alat kelamin saya dok, pada ujung pangkal (bukan kepala penis) kelamin saya terdapat bintik-bintik dan di daerah batang pensinya. pertanyaan saya bintik-bintik ini muncul karena apa dok ? saya juga sudah pernah berhubungan seks dua kali melalui vagina dan sekali dengan seks anal serta beberapa kali melakukan oral sex. apakah ini gejala HIV/AIDS ? semoga saja tidak dok :(

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Sayang sekali sulit bagi kami untuk mengetahui kondisi keluhan Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik langsung. Selain itu perlu diketahui lokasi tepat, ukuran, konsistensi, jenis bintil (apakah berisi cairan bening/nanah/padat), daerah kulit sekitar, apakah membesar atau menetap ukurannya dan informasi lainnya mengenai keluhan Anda.

Banyak sekali penyebab bintik pada penis, mulai dari iritasi kulit biasa sampai infeksi yang perlu diobati. Jika Anda sudah melakukan hubungan seksual, maka bintik yang Anda sebutkan kemungkinan bagian dari gejala infeksi menular seksual (IMS), salah satunya adalah kutil genital.

Dengan adanya riwayat analseks maka tampaknya yang Anda alami adalah Kondiloma Akuminata. Kutil pada kelamin/genital atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar.

Kondiloma akuminata merupakan satu dari sekian banyak penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Anda perlu memperhatikan agar melakukan hubungan seksual yang aman, tidak berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan seksual dalam hubungan pernikahan agar kondiloma akuminata tidak berulang atau terkena infeksi menular seksual lainnya.

 

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi dan pengetahuan Anda :

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

 

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar