Sukses

Gangguan Saluran Pernapasan Berkepanjangan

09 Nov 2014, 13:46 WIB
Pria, 27 tahun.

Saya mau tanya dok sudah sejak lama saya itu ssah nafas ato nafas saya trasa berat, gampang sekali trkna flu, kalo batuk sembuhnya lama, di tenggorokan saya rasanya berlendir trus dan terkadang trjadi nyeri dada itu kenapa ya dok?mohon bantuannya....

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kondisi sering flu atau pilek yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah alergi. Alergi dapat disebabkan oleh banyak hal, dimana untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan khusus atau prick test pada kulit. Dalam kesempatan ini kami akan menjelaskan salah satu penyebab mudah flu yaitu rhinitis alergi.

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Itulah kenapa penderita rhinitis alergi akan merasakan keluhan pada saluran pernapasannya, ketika terpapar dengan alergen.

Kendati alergi bersifat genetik, seseorang tetap memiliki risiko alergi sebesar 5-15 persen tanpa mempertimbangkan ada atau tidaknya riwayat alergi pada orangtua penderita. Mengingat banyaknya alergen di luar riwayat keluarga (genetik), hendaknya Anda memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi, seperti jenis makanan, kondisi udara, atau faktor pemicu lainnya.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Sudahkah Anda mengetahui faktor pencetus timbulnya kondisi ini? Apakah Anda sudah pernah melakukan tes alergi?

Berikut adalah rangkaian langkah untuk mengatasi rhinitis alergi:

  • Hindari kontak dengan allergen penyebab. Kenakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC ataupun selimut untuk tidur, hindari paparan debu

  • Konsumsi obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain. Seluruh obat ini hendaknya dikonsumsi atas petunjuk dan pengawasan Dokter untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan obat yang tidak sesuai.

Penyakit lain yang dapat melatarbelakangi keluhan Anda adalah sinusitis. Pada kondisi sinusitis, biasanya penderita mengeluh pilek yang berwarna hijau berkepanjangan, disertai nyeri kepala, terkadang bau mulut, serta nyeri pada daerah-daerah sinus (rongga wajah di daerah pipi dan dahi) apabila ditekan. Pilek akibat sinusitis memerlukan beberapa pemeriksaan seperti foto rongga sinus. Pengobatannya adalah dengan pemberian antibiotik yang cukup lama, pengenceran dahak, penguapan dan pemanasan pada wajah.

Kemungkinan lain yang dapat terjadi adalah influenza, infeksi virus yang sangat menular dan menyebabkan setiap anggota keluarga Anda mudah terjangkit keluhan yang sama. Untuk pertolongan pertama kami anjurkan Anda untuk mengkonsumsi vitamin dan beristirahat. Periksakan diri Anda ke Dokter untuk mendaptkan kepastian diagnosa seputar keluhan Anda, guna mendapatkan tata laksana yang sesuai.

Berikut beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda:

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar