Sukses

Badan Pegal, Mata Perih, Otot Paha Keram

29 Jan 2015, 18:19 WIB
Pria, 27 tahun.

1.badan pegal2, trkadang mata perih,!! itu knp?? 2.kalo sakit paha tiba2 kram itu knp?

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Badan pegal linu dan nyeri yang Anda rasakan kemungkinan adalah fibromyalgia. Fibromialgia adalah kondisi yang disebabkan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi. Fibromialgia juga dikarakterisasi dengan kondisi kurang istirahat, perasaan lelah saat bangun pagi, lelah, cemas, depresi, dan gangguan pencernaan.

Penyebab dari fibromyalgia sendiri masih belum diketahui. Meskpun fibromyalgia merupakan penyakit yang mempengaruhi otot, nyeri pada jaringan tersebut tidak diikuti dengan peradangan pada jaringan dan tidak menyebabkan kerusakan dari jaringan, berbeda dengan arthritis atau peradangan lainnya.

Keram pada otot paha biasanya berlangsung selama beberapa menit, namun pada beberapa kasus dapat bertahan sampaai 10 menit. Biasanya kram ini muncul pada saat beristirahat, umumnya malam hari sewaktu tidur. Penyebab primer umumnya tidak diketahui. Satu teori menyebutkan bahwa kram muncul ketika otot yang sudah berada posisi memendek, distimulasi untuk berkontraksi. Karena otot tersebut sudah dalam keadaan memendek, kontraksi (pemendekan serabut otot) lebih jauh lagi akan menyebabkan otot tersebut spasme. Hal ini umumnya terjadi pada malam hari, saat tiduran dimana posisi lutut sedikit tertekuk, dan kaki sedikit menghadap bawah. Pada posisi ini otot betis relatif memendek dan lebih rentan terhadap kram. Karena itu latihan stretching dapat mengatasi masalah ini.

Penyebab sekunder keram otot biasanya berupa:

  • Kerja otot yang terlalu berat karena berolahraga, terutama bila dekat waktu tidur. Olaharaga yang berlebihan menyebabkan penumpukan asam laktat pada otot sehingga energi tidak dapat masuk.
  • Keadaan dehidrasi
  • Konsumsi alkohol yang berlebih
  • Kurangnya kadar kalium, kalsium, magnesium dan mineral-mineal lain dalam darah
  • Kekurangan vitamin B
  • Kondisi dehirasi (kurang cairan dalam tubuh)
  • Penggunaan obat-obat tertentu, seperti antipsikotik, diuretik, statin, dan steroid
  • Memiliki telapak kaki yang datar
  • Menderita gangguan tiroid (ketidakseimbangan hormon), diabetes, atau hipoglikemia.
  • Gangguan pembuluh darah perifer, energi tidak sampai ke otot.
  • Udara kamar (AC) terlalu dingin. Pada saat dingin, pembuluh darah mengkerut untuk mempertahankan panas dalam tubuh, akibatnya suplai darah ke otot pun berkurang, sehingga energi tidak sampai ke otot.

Anda dapat mulai melakukan peregangan pada otot tubuh Anda dengan cara berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat olahraga intensitas ringan-sedang saja seperti berjalan sudah cukup. Pastikan cukup isttirahat, jangan terlalu memforsir tubuh Anda sehingga Anda akan kelelahan. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan untuk menjaga stamina Anda. Hindari aktivitas berlebih dan juga begadang, selain itu hindari konsumsi minuman beralkohol dan juga rokok.

Rasa perih pada mata dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, namun yang paling sering adalah akibat mata kering, trauma pada mata, iritasi ataupun infeksi pada mata. Jika keluhan dirasakan semakin menganggu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam dan juga dokter spesialis mata untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Berikut kami sertakan artikel:

fibromialgia

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar