Sukses

Mengatasi Wasir atau Ambeyen

12 Mar 2015, 16:18 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok aku iyan di bogor.. udah hampir 1 tahun buang air besar aku selalu ada tetesan darah... tidak rutin siih...timbul hilang timbul hilang gitu... saya hawatir ini gejala kanker usus.. saya sudah pernah ke spesialis organ dalam tpi ga diperiksa menyeluruh.. cuman divonis ambeyen.. padahal anus saya tidak sakit... setahu saya katanya klu ambeyen itu kan sakit.. saya sangat khawatir sekali dok dengan yg terjadi sama sya... mohon penjelasannya dok... terimakasih...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk informasi lengkap kami sertakan artikel yang dapat Anda akses yang berjudul: 

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :
  • Grade I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan) 
  • Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penangannya. 

Kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum atau bedah digestif untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut kami juga sertakan artikel berjudul: Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar