Sukses

Keluar Flek Setelah Minum Pil KB

12 Mar 2015, 16:20 WIB
Wanita, 38 tahun.

Dear dokter mohon informasi sy minum pil kb dgn tdk teratur stlh bbrp hari berhenti muncul flex2 pdhl sy bru 1 minggu menstruasi,knp ya dok? Thanks

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pil KB terdiri dari 2 macam; kombinasi (sintetik estrogen-preparat progestin) dan non kombinasi (preparat progestin saja). Kedua jenis pil KB ini memang memiliki efek samping ringan seperti flek hingga pada beberapa orang berupa perdarahan yang lebih banyak. Jenis pil KB apa yang Anda konsumsi saat ini?

Pada pil KB kombinasi, efek samping ini umumnya hanya terjadi pada 3 bulan pertama. Namun flek juga dapat memiliki arti yang lain seperti endometrium (otot pada rahim) yang terlalu tebal- ini bukan suatu keadaan yang serius, efek hormonal dari ovulasi, fluktuasi hormonal dimana tubuh sedang menyesuaikan diri hingga kemungkinan adanya kegagalan KB. Namun pada pil KB yang berisikan progestin saja, umumnya efek samping ini lebih sering terjadi dibandingkan kombinasi dan terjadi dalam beberapa bulan pertama.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis-jenis dari alat kontrasepsi, Anda dapat mengakses artikel koleksi kami dengan  judul artikel Keluarga Berencana (KB). Pertimbangkan terlebih dahulu dari semua sisi dan jangan langsung memberhentikan konsumsi pil KB yang sudah berjalan saat ini jika efek samping yang ditimbulkan hanya berupa flek, bukan perdarahan hebat. Konsultasikan dengan dokter ahli kebidanan dan kandungan jika keadaan tersebut berlangsung berlarut-larut untuk kemungkinan penggantian jenis KB.

Demikian, Semoga bermanfaat.


Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar