Sukses

Benjolan Pada Kelopak Mata

29 Jan 2015, 19:33 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok gimana cara menghilangkan benjolan yg ada kelopak mata. udah 4 bulan dikelopak mata saya ada benjolan,ketika dipegang tdk sakit namun kadangkadang membuat saya sakit kepala dan ini udah saya periksa kedokter mata tetapi tidak ada perubahan atau benjolan tidak mengilang. Mohon jawabannya..

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Benjolan dimata dapat menunjukkan berbagai kelainan seperti bintitan/hordeolum, peradangan kalazion atau lainnya. Untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Jika benjolan tersebut adalah benar bintitan, maka dapat dilakukan eksisi (sayatan) untuk dapat mengeluarkan isi dari benjolan, jika benjolannya besar. Namun jika sifatnya kronis dan sudah lebih dari 4 bulan, maka perlu ditelusuri lebih lanjut.

Palpebra merupakan suatu istilah yang digunakan dalam bahasa kedokteran yang berarti kelopak mata. Penyakit/gangguan yang dapat terjadi pada palpebra(kelopak mata) bermacam-macam, beberapa diantaranya adalah:

  1. Hordeolum atau chalazion (dalam bahasa awam sering disebut dengan "bintitan")
  2. Xanthelasma (benjolan yang berupa kumpulan lemak pada kelopak mata)
  3. Kista epidermal (merupakan kista kecil yang timbul seringkali karena trauma/gesekan)
  4. Kista sebasea (merupakan kista yang sering timbul pada daerah kelopak mata atau daerah alis yang berambut karena sumbatan kelenjar sebasea atau kelenjar lainnya)
  5. Milia (benjolan kecil-kecil karena sumbatan pada saluran rambut-rambut halus)
  6. Kista sudorifera (merupakan kista kecil di daerah kelopak mata yang disebabkan karena sumbatan kelenjar keringat)
  7. Papiloma (pertumbuhan benjolan jinak yang sering terjadi di daerah mata)
  8. Nevus (dalam bahasa awam sering disebut dengan "tahi lalat")

Kalazion adalah benjolan pada kelopak mata akibat penyempitan saluran kelenjar meibom (di dekat bulu mata) yang memproduksi minyak. Awalnya kalazion tampak sebagai pembengkakan akibat penumpukan cairan (minyak), yang semakin lama menyerupai pertumbuhan kista. Kebocoran cairan (minyak) juga dapat terjadi dan menyebabkan peradangan pada jaringan sekitar.

Jika yang Anda alami memang merupakan suatu kalazion dan ukurannya semakin membesar, maka mungkin dibutuhkan tindakan operasi untuk mengatasinya. Operasi yang dilakukan bergantung pada besarnya kalazion.

  • untuk ukuran kecil, cukup dengan kuret bagian granuloma yang meradang
  • untuk ukuran lebih besar, dilakukan pemotongan seluruh bagian granuloma. Dapat disertai pengangkatan kelenjar meibom.

Pada umumnya, kebanyakan kalazion dapat menghilang tanpa pengobatan setelah beberapa bulan. Dapat dibantu dengan pijatan dan kompres 10-15 menit 4x/hari untuk melancarkan aliran saluran kelenjar, atau suntik steroid untuk mengurangi peradangan.

Namun untuk mendapatkan diagnosis yang pasti dan penanganan yang sesuai, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis mata agar dilakukan pemeriksaan langsung dan Anda mendapatkan penanganan yang sesuai. Gunakan fasilitas "cari dokter" dokter di halaman utama website kami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar