Sukses

Nyeri Pinggang Setelah Trauma

29 Jan 2015, 19:57 WIB
Wanita, 44 tahun.

2 thn yg lalu saya jatuh terduduk di kmr mandi. Sakitnya di pantat kanan,saya tdk bisa rukuk, 2 bln kemudian sembuh sakitnya. 1 bln yg lalu tiba2 saya tdk bisa rukuk lagi, tdk ada penyebabnya. Setiap bangun tidur dan duduk saya tdk bisa berdiri, pantat ini seperti lumpuh. Setiap berdiri dr duduk saya harus berpegangan dgn sesuatu tunggu 15 detik baru bisa jalan. Klau uda jln, seberapa jauh kaki saya kuat. Disini saya mau bertanya penyakit apakah saya?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus

Nyeri punggung atau Low back pain (LBP) dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan, osteoporotik, kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, trauma, dsb.

Mengingat Anda memiliki riwayat trauma beberapa bulan sebelumnya, kami menduga keluhan yang Anda rasakan saat ini dapat berkaitan dengan riwayat trauma tersebut. Namun, untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami, kami sarankan Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin diperlukan pemeriksaan tambahan seperti foto rontgen, ct-scan, mri atau pemeriksaan lain yang berguna dalam menunjang diagnosis. Dengan mengetahui diagnosis penyebab nyeri tersebut maka Anda akan mendapat penanganan yang optimal.

Untuk menambah wawasan Anda, berikut kami rekomendasikan beberapa bacaan artikel mengenai nyeri pinggang:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar