Sukses

Ludah kental Sehabis Olahraga

29 Jan 2015, 10:41 WIB
Pria, 21 tahun.

Salam dok, Dok saya mau tanya, kalau saya abis olahraga kenapa ya saya selalu mengeluarkan ludah kental (namun bukan reak) yg jumlahnya banyak Apakah berbahaya dok bagi kesehatan saya? Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan pertanyaan. Apakah disertai gangguan lainnya? Air liur dalam bahasa kedokteran disebut saliva, yang berfungsi dalam pengunyahan, pencernaan,  melindungi gigi dari lubang serta mencegah perkembangan mikroorganisme.

Saliva ini diproduksi oleh kelenjar saliva, dan pada beberapa kondisi tertentu seperti pada penderita penyakit autoimun atau efek samping pemakaian obat-obat tertentu dapat mempengaruhi produksi saliva.

Dalam kasus Anda bisa jadi kekentalan air liur dikarenakan pada saat berolahraga, maka akan banyak mengeluarkan keringat sehingga tubuh kekurangan cairan. Produksi air liur akan menurun sehingga menyebabkan lebih kental. Ini merupakan hal yang wajar, dan Anda tidak perlu khawatir.

Sebaiknya Anda banyak memimun air putih ketika berolahraga, dan bila keluhan Anda tidak teratasi maka ada baiknya Anda memeriksakan diri langsung kepada dokter untuk mencari adanya kemungkinan penyabab lain dari keluhan tersebut.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca

Saliva atau Air Liur

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar