Sukses

Indera Penciuman Tidak Berfungsi, Diturunkan?

29 Jan 2015, 22:30 WIB
Pria, 32 tahun.

jika seorang istri, indra penciumnya tigak berfungsi apakah keturunannya akan sama seperti ibinya ? trims atas perhatiannya

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Tidak adanya kemampuan untuk mencium dan mendeteksi bau disebut juga anosmia. Hal ini dapat bersifat sementara maupun permanen. Beberapa penyebab yang mungkin berhubungan adalah alergi, infeksi, massa dalam rongga hidung (polip hidung), serta kerusakan pada saraf. Perlu diketahui juga apakah isteri Anda memiliki riwayat alergi? Apakah Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu? 

Untuk mengetahui secara pasti kondisi organ penciuman isteri Anda, kami menyarankan isteri Anda untuk melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis THT. Akan dilakukan beberapa tes indra penciuman, serta pemeriksaan fisik secara langsung terutama untuk rongga hidung dan sekitarnya. Terapi akan diberikan sesuai dengan penyebab diagnosis tersebut. Mengenai apakah keturunan seseorang yang memiliki riwayat anosmia akan menderita hal yang sama seperti orang tuanya, hal ini tergantung pada penyebab anosmia yang terjadi. Namun umumnya, anosmia yang didapat seperti karena infeksi atau trauma bukanlah penyakit yang diturunkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar