Sukses

Gejala Jantung Tidak Normal

17 Mar 2015, 10:15 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok jantung saya ketika berbaring berdetak rata2 55-62/menit ketika berdiri lgsung berdetak cpt dan napas jg terasa sesak,dada kdg sakit samar2,saya jadi sering gelisah apakah jantung saya tidak normal trimkasih sblumnya dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Detak jantung normal pada manusia adalah 60-100 kali per menit. Sehingga detak jantung anda masih dalam batas normal. Jika memang anda merasakan adanya peningkatan detak jantung disertai gejala lain disaat anda terbangun dari posisi tidur, maka hal itu dapat dikatakan normal terjadi karena adanya peningkatan kerja jantung pada saat terjadi perubahan posisi. Jika kondisi tersebut tidak bertahan lama dan menghilang dengan sendirinya, maka anda tidak perlu merasa khawatir.

Sedangkan Gejala penyakit jantung itu sendiri dapat bervariasi. Gejala penyakit jantung biasanya ditandai dengan nyeri dada, rasa cepat lelah, berdebar-debar atau sesak napas. 

Gejala penyakit jantung dapat dicurigai apabila Anda memiliki beberapa faktor risiko terkait, seperti: merokok, kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggi, riwayat keluarga menderita penyakit jantung koroner pada usia muda ( < 55 tahun untuk pria dan < 65 tahun untuk wanita). Usia Anda saat ini masih termasuk cukup muda sehingga penyakit jantung bukanlah dugaan pertama. 

Namun jika anda tetap merasa khawatir, ntuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan wawancara medis yang lebih mendetil dan pemeriksaan lanjutan seperti rekam jantung (EKG). Dengan demikian dapat ditentukan penyebab pastinya dan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda : 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar