Sukses

Berat Badan Anak Kurang dan Muncul Bintik-bintik Merah

29 Jan 2015, 09:27 WIB
Wanita, 33 tahun.

tanya dok, anak sy usia 16 bl bb 8 kg, tinggi badan 73cm, pd saat lahir bb 2 kg, untuk usia sekarang itu normal ap ga dok ?, trs yang kedua kulit anak saya sering muncul bintik2 merah, katanya biang keringat, tp bintik2 itu kadang kecil2 kadang besar2 sdikit bernana, ap itu emang biangkeringat ato alergi susu,dok, ttrimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berikut kami berikan pedoman berat badan anak di usia 16 bulan. Berdasarkan WHO, berat badan anak usia 16 bulan :

Laki-laki : - Batas bawah : 8,4 kg

               - Batas atas : 13,1 kg

Perempuan : - Batas bawah : 7,7 kg

                    - Batas atas : 12,6 kg

Jenis kelamin anak Anda laki-laki atau perempuan? Jika laki-laki maka berat badan anak tergolong dibawah nilai normal. 

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak selain faktor genetik adalah faktor asupan nutrisi dan aktivitasnya.

Selain susu dan ASI, apakah anak Anda sudah mulai makan? Apabila makannya biasa dan aktivitasnya banyak tentu saja berat badannya tidak akan meningkat. Untuk meningkatkan berat badan, yang diperlukan adalah asupan atau input lebih besar dari aktivitas atau output.

Apabila anak Anda tergolong aktif, maka makan atau susunya pun harus banyak. Pemberian snack diselang makan besar dapat sering Anda berikan (2-3 jam sekali). Pilihlah makanan sehat yang banyak berkalori tinggi (roti, bubur, kue) dan bukannya makanan jajanan yang tidak bernutrisi (chiki, permen).

Pastikan anak Anda tidur siang dan tidur cukup di malam hari (8-10 jam) guna membangun metabolismenya. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah pola makannya, apabila pola makan anak Anda baik, dalam artian anak banyak makan dan minum susu dan terlihat aktif, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari anak Anda, meskipun berat badannya tidak naik signifikan.

Faktor lainnya juga adalah penyakit terutama penyakit kronis seperti infeksi kronis (infeksi saluran kemih), anemia (kekurangan zat besi), serta hal lain yang bisa menyebabkan gagal tumbuh (adanya kelainan di jantung, hormon, dan sebagainya). Perhatikan juga tanda cacingan seperti lemah, lesu, atau keluar cacing dari dubur. Apabila terdapat tanda seperti yang kami katakan, berkonsultasilah ke dokter, mungkin anak Anda memerlukan obat cacing. Obat cacing diberikan hanya kepada anak-anak yang terbukti cacingan.

Sedangkan Untuk Keluhan bintik-bintik merah, diperlukan informasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya. Karena untuk mendiagnosa suatu penyakit kulit haruslah dilakukan melalui pemeriksaan langsung.

Kami sarankan agar Anda memeriksaan anak Anda ke dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan dapat diketahui apakah terdapat penyebab yang mendasari keluhan anak Anda saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar