Sukses

Mengecilkan Pori-Pori Wajah

11 Feb 2015, 00:28 WIB
Pria, 23 tahun.

Aku mau t.y nih dok akukan p.y muka pori2.y membesar kadg2 tman2ku lihat aku lebih tua dari mereka, tapi aku gak merokok dan minum miras jadi aku bingung kok bisa yah dok terus aku minta saran.y terimakasih dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Pori-pori kulit wajah yang besar memang menjadi salah satu faktor risiko timbulnya jerawat karena pada dasarnya jerawat timbul karena pori-pori kulit yang tersumbat. Pori-pori kulit merupakan saluran keluar dari kelenjar minyak ( sebum ). Pori-pori yang besar akan mudah tertutup oleh keringat, minyak, kulit-kulit mati, debu, bahan-bahan kosmetika, dll,  sehingga saluran kelenjar keringat kulit menjadi tersumbat dan meradang. Itulah yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Untuk mengecilkan pori-pori wajah, anda dapat menggunakan masker wajah secara teratur, kemudian kompres dengan menggunakan air es. Air es dapat membantu mengecilkan pori-pori karena efek dingin menyebabkan pembuluh darah mengecil sehingga pori-pori terlihat mengecil . Atau anda dapat pula konsultasi dengan dokter spesialis kulit agar dapat dilakukan tindakan dengan menggunakan alat untuk mengecilkan pori-pori di wajah. 

Disamping berusaha untuk mengecilkan pori-pori wajah, sebaiknya anda juga melakukan berbagai usaha lain untuk mencegah timbulnya komedo dan jerawat, seperti :

  • Bersihkan wajah secara rutin 2 kali sehari, terutama sebelum tidur dengan mengunakan pembersih dan penyegar wajah , kemudian basuh dengan menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda 
  • Dengan melakukan fasial rutin setiap 2-4 minggu sekali 
  • Hindari makan makanan yang banyak mengandung lemak, pedas, dan coklat. 
  • Perbanyak makanan yang mengandung vitamin A dan E untuk menjaga kekenyalan kulit.
  • Gunakan produk-produk kosmetik yang tidak terlalu berat dan sesuai dengan jenis kulit Anda

Bila hal-hal tersebut diatas tidak dapat menolong , sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi lebih lanjut dan diobati, karena mungkin Anda membutuhkan  obat untuk menekan produksi kelenjar keringat  untuk mencegah timbulnya jerawat dan komedo. Hingga saat ini, penggunaan terapi akupunktur untuk mengecilkan pori-pori masih belum banyak diteliti secara medis sehingga kami tidak dapat memberikan informasi lebih banyak mengenai terapi akupunktur ini.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar