Sukses

Efek Mengkonsumsi Kopi

29 Jan 2015, 13:39 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok saya mau tanya. Apa bener kalau sering minum kopi akan terjadi batu ginjal? terus apa sebenarnya efek postve dan negatve konsumsi kopi? dan kopi yang baik dikonsumsi kopi hitam atau kopi saset yang dijual2 diswalayan dan toko2? terimakasih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Minum kopi selama berada dalam jumlah tertentu maka tidak ada masalah. Jumlah tersebut adalah 200 gram perhari atau setara dengan 2-3 cangkir kopi. Namun, ketergantungan terhadap kafein memang dapat terjadi. Kafein diserap melalui usus dan masuk ke dalam pembuluh darah dan kemudian menembus sawar darah otak.

Struktur kafein mrip dengan molekul yang ada di otak yaitu adenosin sehingga dapat menempel pada reseptornya di orak. Ketika adenosin menempel pada reseptornya, timbul rasa lelah. Ketika kafein memblok reseptor adenosin, kantuk hilang dan timbul energi tambahan. Bila kita minum kopi secara teratur, otak menjadi terbiasa/beradaptasi. Karena itu, bila konsumsi kafein dihentikan timbul gejala withdrawal, termasuk sakit kepala karena zat-zat kimia dalam otak berubah tiba-tiba. 

Namun, setelah 7 - 12 hari, gejala-gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya. Sementara itu, Anda memang harus mengurangi konsumsi kafein secara bertahap (tidak langsung berhenti). Selain itu, cobalah mengganti kebiasan minum kopi dengan minuman lain seperti teh herbal atau bahkan air hangat. Minum obat penghilang rasa sakit untuk mengatasi sakit kepala yang timbul. Lakukan olahraga secara teratur, makan makanan yang sehat, serta cukup tidur. 

Berikut ini kami sertakan beberapa artikel untuk menambah informasi Anda :

 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar