Sukses

Memenuhi Kebutuhan Gizi Ibu Hamil
17 Mar 2015, 10:24 WIB
Pria, 26 tahun.

ass..dok istri saya hamil masuk 11 mggu.susu prenagen apa yg hrus dkomsumsi dg umur kndungannya skrg. trz bagimana periode perkembangan otak anak dri janin smpai lahir & anjuran makanan yg hrz dkmsumsi untk prkmbangan otaknya..trmkasih.wassalam

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Yang terpenting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi janin dan ibu hamil adalah melalui makanan yang dimakan oleh ibu. Susu dan Suplemen hanyalah tambahan. Kebutuhan kalori untuk ibu hamil lebih banyak dibandingkan sebelum hami untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama adalah:

  • Karbohidrat.  Pada bulan pertama, ibu butuh kalori ekstra agar pertumbuhan janin pesat
  • Protein: Untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil lebih banyak (10 gram lebih banyak). Protein bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti tempe, tahu, telur, dan daging.
  • Asam folat: untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Sumber: bayam, tomat, jeruk, kol, selada.
  • Kalsium: berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, bisa didapatkan dari susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.
  • Zat besi: mencegah anemia pada ibu dan mendukung pembentukan sel darah merah pada janin. Biasanya ibu hamil diberikan suplemen zat besi, sumber utama zat besi dari makanan adalah sayuran hijau (bayam).

Jika asupan gizi dan kondisi kesehatan istri Anda baik, maka Anda tidak perlu khawatir. Asupan terbaik untuk janin adalah makanan bergizi yang istri Anda makan. Suplemen yang umum diberikan adalah zat besi dan asam folat, serta vitamin B6 (untuk mual). 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar