Sukses

Sembelit pada Anak

17 Mar 2015, 11:56 WIB
Wanita, 4 tahun.

Anak usia 4thn,susah BAB. Bisa 1x seminggu. Sudah ke dok anak. Tetapi laktulak,namun kurang berhasil. Sudah diberikan pepaya,air minum, jongkok di toilet.namun sampai jam tdk keluar juga. Jika pakai microlac langsung berhasil. Tapi apa setiap seminggu sekali pakai microlac

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan sulit buang air besar (sembelit) dalam dunia kedokteran disebut juga dengan konstipasi. Izinkan kami menjelaskan tentang konstipasi. Seorang disebut mengalami konstipasi apabila buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu dan disertai dengan konsistensi kotoran/feces yang keras. Kotoran yang keras saat buang air besar dapat menimbulkan sensasi nyeri pada anus. Buang air besar yang tidak tuntas dapat  pula memberikan rasa tidak nyaman pada daerah sekitar anus.

Karena Anak Anda BAB < dari 3 kali dalam seminggu maka anak Anda mengalami konstipasi atau sembelit. Faktor risiko konstipasi mencakup minum yang kurang (orang normal minum 2-3 liter/hari), kurang makan sayur-sayuran dan buah-buahan, dan aktivitas fisik yang kurang (sedentary life).

Terdapat beberapa saran yang dapat dilakukan di rumah. Cara ini sederhana dan semoga dapat membantu buang air besar anak Anda yaitu mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan, banyak minum air putih, dan berolahraga. Disarankan untuk memakan 1 porsi sayur-sayuran setiap kali makan, dan memakan 2 porsi buah-buahan setiap harinya.

Namun karena menurut informasi yang Anda berikan, anda sudah menerapkan cara tersebut namun tidak juga berhasil, maka Anda perlu memeriksakan anak ke dokter spesialis anak dan diberi obat untuk membantu buang air besar sambil dicari faktor peyebab keluhan anak Anda tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar