Sukses

Sakit Kepala Berpindah-pindah

17 Mar 2015, 12:08 WIB
Wanita, 22 tahun.

Pagi dok, saya ida, sudah 2 minggu saya menderita sakit kepala dengan ciri2 kepala tersa di tusuk2, di himpit, skitya berpindah2 terkadang d belakang, salah satu sisi kepala. Saat saya berbaring kpla saya terasa seperti di tarik2 dan saya jga merasa seolah2 dan secara tiba2 darah mengalir k muka saya yg mengakibatkan muka saya terasa panas. Sya sudah cek k dokter umum tekanan darah saya normal saya sudah minum obat antipiretik tapi g krng dok. Kemungkinan sakit apa yg sya derita dan apa yg harus sya lukukan dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sakit kepala atau headache atau sefalgia sering menjadi keluhan seseorang berobat ke dokter. Sakit kepala, seperti nyeri dada atau nyeri punggung, mempunyai berbagai macam penyebab.   

Sakit kepala dibagi2, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer adalah sakit kepala tanpa penyebab yang jelas dan tidak berhubungan dengan penyakit lain. Contohnya adalah sakit kepala tipe tensión, migren atau cluster.  Sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit lain. Contohnya adalah infeksi virus, adanya pendesakan di dalam tengkorak oleh tumor, cairan otak, darah, dan kematian jaringan otak serta stroke.

Sementara itu, Hal yang dapat dilakukan jika mengalami sakit kepala adalah:

  • Istirahat
  • Hindari stres dan faktor-faktor lain yang dapat memperberat nyeri kepala
  • Minum obat sakit kepala yang dijual bebas
  • Jika keluhan tidak berkurang segera hubungi dokter

Keluhan sakit kepala ringan pada umumnya akan reda dengan obat-obat sakit kepala yang dijual bebas yang sudah mengandung penghilang rasa nyeri, seperti mengandung paracetamol ataupun asam mefenamat. Jika nyeri terus berlanjut, maka ada kemungkinan keluhan bukan sakit kepala biasa dan perlu konsultasi dengan dokter. Begitu pula, keluhan sakit kepala yang berulang dan semakin berat ataupun semakin sering sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar