Sukses

Pembuluh Darah Mata Pecah

29 Jan 2015, 23:45 WIB
Wanita, 32 tahun.

Apa pembuluh darah yg pecah pada mata ketika kita sakit demam bisa sembuh dgn sendirinya? Klo mmg bs, brpa lama? Krna pecahnya pd area mata yg hitam bkn area mata yg putih, jd sgt m'gnggu penglihatan. Terimakasih. Salam.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Perdarahan pada pembuluh darah mata dapat diakibatkan oleh beberapa hal. Penyakit yang paling sering menyebabkan pecahnya pembuluh darah di mata adalah tidak terkontrolnya penyakit diabetes (menyebabkan retinopati diabetes) dan/atau hipertensi (retinopati hipertensi) serta trauma pada sekitar mata. Apakah Anda memiliki riwayat penyakit diabetes, hipertensi atau trauma pada sekitar mata?

Bagian mata yang terkena efek kadar gula darah yang tinggi untuk waktu lama adalah retina, badan kaca, lensa, dan saraf mata. Efek gula darah yang tinggi pada retina adalah terhadap pembuluh-pembuluh darah kecil di sana. Pembuluh darah dapat rusak, sehingga terjadi kebocoran darah yang masuk ke dalam badan kaca. Darah yang ada akan menghalangi jalannya cahaya menuju retina. Lama kelamaan pembuluh darah yang rusak tersebut dapat menjadi jaringan ikat. Jaringan ikat yang terbentuk dapat menyebabkan retina terlepas dari bagian belakang bola mata. Keluhan yang dapat muncul adalah rasa adanya kilatan-kilatan cahaya di mata, kemudian seperti ada tirai yang menghalangi penglihatan.

Untuk mengetahui secara pasti penyebab dan penatalaksanaan yang paling tepat untuk kondisi Anda saat ini, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung. Karena pengobatan harus sesuai dengan pemeriksaan fisik. Namun, penanganan retina yang terlepas memang harus dengan operasi yang hanya dapat dilakukan di rumah sakit besar di kota besar.

Berikut kami sertakan artikel mengenai retinopati dan kebutaan untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

1 Komentar

  • omik

    dok mama saya mengalami kebutaan karena pembuluh darahnya pecah dan menutupi kornea, kmren udah berobat ke bagian mata dan dirujuk RS besar karena termasuk penyakit berat.pertanyaan saya, bisa tidak mama saya melihat kembali? dan apabila tidak bisa, mungkin ga mata yg buta sebelah kanan terkena juga