Sukses

Pembengkakan Pada Sendi Bagian Kaki

10 Feb 2015, 22:04 WIB
Pria, 30 tahun.

Saya menderita pembengkakan pada sendi bagian kaki sebelah kiri dan selalu di tempat yang sama...setelah konsultasi ke dokter setempat ada 2 pernyataan yang keluar yaitu dokter 1 berpendapat Rematik, dan dokter 2 berpendapat Asam urat, mana yang benar? mohon solusinya.trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya kami memiliki beberapa pertanyaan. Sejak kapan keluhan tersebut Anda rasakan? Bagaimana sifat nyeri yang Anda rasakan? apakah terus menerus atau hilang timbul, apakah terasa nyut-nyutan, seperti ditusuk? Bagaimana sifat nyeri yang anda rasakan? apakah terus menerus atau hilang timbul, apakah terasa nyut-nyutan, seperti ditusuk? Apakah nyeri menghilang dengan beristirahat? Apa aktivitas atau pekerjaan Anda sehari-hari?Apakah ada gejala lain seperti kaku sendi, demam, kemerahan ? Adakah riwayat cedera pada seperti terjatuh, keseleo, cedera saat olahraga? Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar asam urat, jika sudah, berapa hasilnya?

Hal-hal tersebut perlu kami tanyakan karena nyeri pada persendian dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk asam urat dan arthritis (radang sendi), rheumatoid arthritis, penyakit autoimun lainnya, osteoarthritis dan  lain sebagainya. Terkait dengan keluhan Anda yaitu nyeri sendi dan bengkak, kemungkinan penyebabnya bisa mengarah kepada rhematoid arthritis. Sekilas izinkan kami menjelaskan Arthritis Rhematoid. 

Artritis Rheumatoid (AR) salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit peradangan bagian dalam kapsul sendi karena adanya antibodi abnormal yang justru menyerang bagian tubuh sendiri, yakni kapsul sendi. Penyakit ini ditandai oleh peradangan sinovium yang menetap, suatu sinovitis proliferatifakronik non spesifik. Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi. Akhirnya, kondisi ini dapat pula mengenai berbagai organ tubuh.

Penyakit ini timbul akibat dari banyak faktor mulai dari genetik (keturunan) sampai pada gaya hidup kita (merokok). Salah satu teori nya adalah akibat dari sel darah putih yang berpindah dari aliran darah ke membran yang berada disekitar sendi.

Gejala dan tanda dari AR adalah sebagai berikut :

  • Nyeri sendi
  • Pembengkakan sendi
  • Nyeri sendi bila disentuh atau di tekan
  • Tangan kemerahan
  • Lemas
  • Kekakuan pada pagi hari yang bertahan sekitar 30 menit
  • Demam
  • Berat badan turun

Artritis reumatoid biasanya menyebabkan masalah dibeberapa sendi dalam waktu yang sama. Penyakit ini kerap menyerang sendi-sendi jari-jari dan pergelangan tangan atau kaki. Biasanya penyakit ini menyerang lebih dari tiga sendi dan mengenai kedua tangan atau kaki secara simetris pada waktu yang bersamaan. Jarang sekali penyakit ini mengakibatkan nyeri pada satu sendi saja. Pada tahap awal biasanya mengenai sendi-sendi kecil seperti, pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki, dan kaki. Dalam perjalanan penyakitnya, selanjutnya akan mengenai sendi bahu, siku, lutut, panggul, rahang dan leher. Bagimana dengan Anda? 

Pengobatan RA bertujuan untuk mengendalikan gejala seperti mengurangi peradangan sendi untuk mengurangi nyeri sendi, memaksimalkan fungsi sendi dan mencegah terjadinya kerusakan sendi lebih lanjut yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen dan kecacatan. Karena pada dasarnya penyakit ini tidak dapat sembuh total sehingga dapat kambuh kembali sewaktu-waktu, namun Anda tidak perlu khawatir karena RA dapat dikendalikan dan diminimalisasikan gejalanya apabila ditangani dengan tepat dan cepat. Kekambuhan biasanya dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti aktivitas fisik yang terlalu berat, stress sendi yang meningkat, infeksi(sebagai pencetus). Secara umum pengobatan yang dapat diberikan adalah obat-obatan dan operasi.

Dibawah ini adalah contoh-contoh obat yang dapat diberikan;

  • NSAIDs. Obat anti-infalamasi nonsteroid (NSAID) dapat mengurangi gejala nyeri dan mengurangi proses peradangan. Yang termasuk dalam golongan ini adalah ibuprofen dan natrium naproxen. Golongan ini mempunyai risiko efek samping yang tinggi bila di konsumsi dalam jangka waktu yang lama.
  • Kortikosteroid. Golongan kortikosteroid seperti prednison dan metilprednisolon dapat mengurangi peradangan, nyeri dan memperlambat kerusakan sendi. Dalam jangka pendek kortikosteroid memberikan hasil yang sangat baik, namun bila di konsumsi dalam jangka panjang efektifitasnya berkurang dan memberikan efek samping yang serius.

Berikut beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kekambuhan RA:

  1. Melakukan aktivitas fisik ringan untuk mengurangi nyeri dan meningkatkan fleksibilitas gerak seperti bejalan kaki, berenang  dan bersepeda. Tetap aktif juga penting untuk menjaga kekuatan tulang dan membantuk mengurangi gejala radang sendi.
  2. Menjaga berat badan. Apabila berat badan Anda termasuk dalam kategori overweight atau obesitas, alangkah baiknya untuk menurunkan berat badan sehingga dapat mengurangi beban pada lutut(stress sendi) yang juga akan mengurangi nyeri
  3. Mengkonsumsi makanan yang sehat dengan memperbanyak buah dan sayur-sayuran dan makanan rendah lemak. Mengonsumsi vitamin C, vitamin D dan kalsium yang bias didapat dari makanan seperti susu, ikan, brokoli, atau kacang almond juga disarankan untuk membantu menjaga kepadatan tulang. Konsumsi lemak ikan yang mengandung omega 3 baik dalam bentuk suplemen atau makanan seperti ikan sidat, terubuk, tenggiri, kembung, layang, bawal, seren, slengseng, tuna juga dipercaya dapat mengurangi peradangan pada sendi.
  4. Melindungi dan mencegah trauma(cedera) berulang pada sendi

Memang untuk memastikan penyebab keluhan Anda tersebut dibutuhkan informasi lebih lanjut disertai dari pemeriksaan penunjang. Untuk itu, Apabila keluhan Anda berlanjut, semakin mengganggu aktivitas dan tidak merespon obat yang diberikan, maka kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis penyakit dalam yang merawat Anda. Dengan demikian dapat dievaluasi dan ditetapkan pengobatan yang lebih sesuai untuk kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar