Sukses

Pemberian Antibiotik Untuk Anak

27 Jan 2015, 19:33 WIB
Wanita, 27 tahun.

Beberapa kali anak sy sakit demam. Dan selalu dikasih obat puyer minim 3 macam. Pertama obat panas,kembung dan terakhir selalu antibiotic. Pertanyaan saya, apa sebenernya perlu pemberian antibiotic pada anak Usia 2-5thn yg "hanya" sakit panas. Hari ini saya hanya tebus obat panas dan kembungnya saja. Untuk antibiotiknya tidak sy ambil, apa itu berpengaruh banyak? Terima kasih. Bunda bilal - surabaya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan anda, terdapat beberapa hal yang ingin kami konfirmasi terlebih dahulu:

  • - Apakah yang dikatakan oleh dokter anda mengenai kondisi anak anda saat ini?
  • - Apakah diagnosisnya?
  • - Darimana anda mengetahui bahwa keluhan anak anda timbul akibat infeksi virus?
  • - Bagaimana dengan hasil pemeriksaannya?
  • - dsb

Demam memang merupakan salah satu gejala adanya infeksi atau peradangan, namun sumber infeksinya dapat berupa virus atau bakteri. Yang ditakutkan dari demam pada anak adalah risiko timbulnya kejang, sehingga tindakan opname yang dianjurkan oleh dokter spesialis anak anda merupakan keputusan yang bijaksana.

Adapun pemberian antibiotik pada infeksi virus masih menjadi kontroversi karena umumnya keadaan ini bersifat self-limiting dan akan sembuh secara spontan dalam beberapa hari. Namun terdapat beberapa sumber mengatakan bahwa penderita infeksi virus yang mendapat antibiotik menunjukkan perkembangan lebih baik bila dibandingkan dengan yang tidak mendapat antibiotik. Namun  jika pemberian antibotika yang terlalu sering dapat menimbulkan kekebalan atau resistensi kuman terhadap antibiotika.

Untuk itu kami menyarankan Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak Anda mengenai perlu tidaknya pemberian antibiotik pada kondisi Anak tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar