Sukses

Mimisan Setiap Nyeri Kepala

27 Jan 2015, 18:40 WIB
Wanita, 21 tahun.

DOK, SAYA MAU TANYA, SAYA TAK TAU KENAPA SAYA SETIAP PUSING USAI ITU HIDUNG MIMISAN????....... KARENA, APA DAN APA SOLUSINYA???? PLEASE balas please.. emuttono@yahoo.com

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun perlu diperjelas sebelumnya informasi mengenai keluhan yang Anda rasakan.

Untuk keluhan pusing, apakah perasaan melayang atau berputar ataukah sakit kepala(berdenyut, seperti diikat, nyeri sebelah) yang Anda rasakan? Dimana lokasi tepatnya nyeri kepala Anda rasakan? Diwaktu apa nyeri kepala dirasakan? apakah terus menerus atau hilang timbul? apakah yang Anda lakukan untuk mengatsi nyeri kepala tersebut? Apakah disertai dengan gejala lainnya?

Untuk informasi lengkap, kami sertakan artikel yang berjudul: Sakit KepalaSakit Kepala (Headache)Sakit Kepala Migrain.

Beberapa artikel tambahan lainnya yang dapat melengkapi informasi Anda adalah:

 

Untuk keluhan mimisan, Apakah Mimisan hanya timbul disaat Anda sakit kepala? ataukah juga timbul disaat-saat lain? bagaimana darah yang keluar, apakah warna darah segar atau bercampur cairan lain? bagaimana jumlahnya, sedikit atau banyak? Apakah bisa berhenti sendiri atau harus ada tindakan khusus yang Anda lakukan setiap mimisan terjadi? Adakah trauma atau cedera kepala yang sebelumnya terjadi pada Anda?

Mimisan sering disebabkan karena perubahan suhu yang terlalu drastis atau karena disertai dengan pilek. Anda dapat menghindari perubahan suhu yang terlalu drastis sehingga tidak menghirup udara terlalu panas, menghindari membuang ingus terlalu keras dan menghindari mengorek-ngorek hidung. Pada umumnya mimisan  tidak berbahaya. Namun, dapat juga merupakan tanda dari penyakit lain yang lebih serius seperti polip hidung, sinusitis, gangguan sekat hidung, kelainan darah atau kegananasan.  Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu dan mungkin pemeriksaan penunjang yang diperlukan sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan Anda. Untuk itu, jika keluhan masih tetap berlangsung maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Penanganan segera jika terjadi mimisan adalah dengan:

  • Memencet hidung selama 5-30 menit tanpa interupsi agar perdarahan terkontrol, biasanya 5-10 menit sudah cukup.
  • Menjaga agar kepala agar tidak menunduk. Posisi kepala dianjurkan agar sedikit mendongak (hanya sedikit saja) namun jangan berlebihan agar darah tidak masuk ke saluran napas.

Jika dalam 30 menit mimisan tidak juga berhenti maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter.

Kedua keluhan yang Anda sebutkan bisa saja merupakan dua gangguan tubuh yang berbeda, namun juga bisa merupakan gejala yang timbul akibat satu penyakit yang sama. Salah satu penyakit tersebut adalah akibat tekanan darah tinggi (hipertensi), dimana pada saat tekanan darah Anda tiba-tiba tinggi, maka akan mengganggu peredaran darah otak yang membuat nyeri kepala, sedangkan dihidung (pembuluh darah kecil, dan kulit yang menutupinya tipis) dapat pecah akibat tekanan yang tinggi tersebut. Bagaimana dengan tekanan darah Anda? Pernahkah Anda memeriksakan tekanan darah sebelumnya?

Sayang sekali Kami tidak dapat menentukan penyabab mana yang menjadi alasan dari keluhan Anda jika hanya berdasarkan informasi yang Anda utarakan tersebut. Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinnya. Untuk itu,kami sarankan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter secara langsung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar