Sukses

Penyakit Milia

12 Mar 2015, 15:10 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya mau nanya tentang penyakit milia yang sudah d jawab oleh dokter sebelumnya. Penyebab penyakit milia itu apa dok? Dan katanya bintik-bintik di sekitaran kulit mata ini ada pantangan makanan yg tidak boleh kita makan,kalau kita makan maka akan bertambah banyak. Apa benar itu dok? Kalau benar makanan apa yg tidak boleh dimakan dok? Dan kalau kita menjalankan terapi laser apakah nanti nya bintik-bintik itu bisa kembali datang dan tumbuh lagi dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Bintil putih kekuningan di bawah mata, hidung, pipi, kelopak mata, dahi dan dada atau bagian lain pada tubuh dalam dunia kedokteran disebut sebagai milia. Kondisi ini sangat umum ditemukan pada semua orang dari segala kelompok usia, termasuk bayi yang baru lahir. Pada bayi, milia akan menghilang secara spontan tanpa terapi apapun. Sementara pada dewasa, apabila tidak kunjung hilang atau mereda, beberapa pilihan terapi dapat dilakukan.

Milia dapat dihilangkan dengan teknik ekstraksi menggunakan jarum steril. Kendati mudah, namun kami tidak menyarankan untuk memencet atau mengeluarkan milia secara mandiri tanpa pengawasan Dokter atau tenaga medis terlatih karena tindakan tersebut dapat menyebabkan infeksi, menimbulkan bekas luka dan merusak jaringan kulit sekitar.

Beberapa tata laksana yang hanya dapat dilakukan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mengatasi milia adalah sebagai berikut:

  • Cryotherapy (bedah beku).
  • Terapi laser
  • Mikrodermabrasi (prosedur untuk menghilangkan lapisan atas kulit secara mekanis)
  • Chemical peeling (prosedur untuk menghilankan lapisan atas kulit menggunakan cairan kimia)
  • Pemberian isotretinoin atau tretinoin dan atau tablet antibiotik minocycline.

Kami sarankan Anda untuk konsultasi ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin agar mendapatkan pemeriksaan secara menyeluruh sehingga tata laksana yang paling sesuai dengan kondisi dapat diberikan.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar