Sukses

Kerusakan Gigi karena Keturunan ?

19 Nov 2014, 10:30 WIB
Wanita, 26 tahun.

Halo Dok,saya mau konsutasi ni kuat tidaknya gigi itu apa dipengaruhi oleh gen juga ya?soalnya di umur segini gigi sya sudah 3 gigi yg dicabut,belom lagi juga ada yg berluang lagi,padahal saya cukup rajin gosok gigi.ibu sya juga begitu,giginya sebagian besar sudah tanggal. untuk itu saya pasang gigi palsu juga. beberapa waktu lalu gigi sya berubang sampai tinggal separo lalu yang separo itu goyang sampai lepas sendiri tapi masih tersisa akar dan belum saya cabutkan ke dokter. akhir akhir ini saya sensitif sekali terhadap sentuhan di daerah gigi dan pipi kanan,nyerinya seperti syaraf2 tertarik sampai pelipis,kira-kira kenapa ya dok?terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Kekuatan gigi tidak dipengaruhi oleh genetik, dan Saya akan menjelaskan sedikit mengenai karies atau gigi berlubang. Karies atau gigi berlubang merupakan penyakit jaringan keras gigi yang paling sering ditemui. Penyakit ini ditandai dengan adanya kerusakan pada jaringan keras gigi itu sendiri (lubang pada gigi). Bakteri dapat mengubah semua makanan, terutama gula, menjadi asam. Bakteri, asam, sisa makanan, dan ludah akan membentuk lapisan lengket yang melekat pada permukaan gigi. Lapisan lengket inilah yang disebut plak. Plak akan terbentuk 20 menit setelah makan. Zat asam dalam plak akan menyebabkan jaringan keras gigi larut dan terjadilah karies. Bakteri yang paling berperan dalam menyebabkan karies adalah Streptococcus mutans.

Gigi berlubang biasanya tidak terasa sakit sampai lubang tersebut bertambah besar dan mengenai persyarafan dari gigi tersebut. Pada karies yang cukup dalam, biasanya keluhan yang sering dirasakan pasien adalah rasa ngilu bila gigi terkena rangsang panas, dingin, atau manis. Bila dibiarkan, karies akan bertambah besar dan dapat mencapai kamar pulpa, yaitu rongga dalam gigi yang berisi jaringan syaraf dan pembuluh darah. Bila sudah mencapai kamar pulpa, akan terjadi proses peradangan yang menyebabkan rasa sakit yang berdenyut. Lama kelamaan, infeksi bakteri dapat menyebabkan kematian jaringan dalam kamar pulpa dan infeksi dapat menjalar ke jaringan tulang penyangga gigi, sehingga dapat terjadi abses.
 
Bila Anda sering sikat gigi tetapi masih mengalami karies maka perhatikan cara menyikat gigi Anda, apakah sudah benar dan menjangkau seluruh permukaan gigi atau belum. Kesalahan dalam menyikat gigi dapat menyebabkan tidak maksimalnya kebersihan gigi serta perhatikan juga pola makan Anda. 
 
Perlu Saya ingatkan disini bahwa keadaan gigi Anda sangat membutuhkan perawatan dari dokter gigi, sisa akar dan gigi berlubang tidak boleh dibiarkan dan harus segera dirawat. Keluhan yang Anda rasakan ketika gigi dan pipi disentuh bisa saja disebabkan karena gigi yang bermasalah atau infeksi dari jaringan sekitar gigi, namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi.
 
Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.
Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar