Sukses

Rambut Rontok dan Berketombe

27 Jan 2015, 09:02 WIB
Pria, 29 tahun.

permisi dok ; rambut saya rontok, kulit kepala gatal dan ketombean, mohon solusi dan apakah bisa diobati dgn cara akupuntur?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Lapisan epidermis kulit kepala secara rutin akan berganti. Pada kebanyakan orang, pengelupasan kulit kepala atau penggantian lapisan epidermis ini tidak terlihat. Namun terdapat beberapa kondisi dimana turnover sel atau pergantian sel tidak seperti biasanya atau sangat cepat. Untuk orang dengan ketombe, pergantian sel berlangsung dalam 2-7 hari, sementara bagi orang normal pergantian sel membutuhkan waktu 1 bulan. Hal ini mengakibatkan kulit kepala menjadi berminyak, berketombe dengan lapisan yang putih atau keabu-abuan. Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  1. Kulit kepala berminyak
  2. Hasil produk metabolik dari Malassezia furfur (sejenis jamur) atau dikenal dengan Pityrosporum ovale sebagai penyebab ketombe
  3. Kerentanan individu

Apabila memang ketombe  Anda disebabkan karena jamur maka dapat memakai produk antijamur yang mengandung Zinc pyrithione,Selenium sulfide, dan Ketoconazol. Sampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfid juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk sampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 2-5 menit, setelah itu bilas. Namun apabila ketombe  Anda menetap setelah memakai sampo tersebut maka mungkin  Anda mengalami dermatitis seboroik atau psoriasis. Sebaiknya  Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Jika rambut Anda sudah rontoh sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti :

-          banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi

-          hindari stres

-          hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut

-          rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah

-          cukup istirahat

-          stop merokok (pada yang merokok)

-          hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas

-          hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi .

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar