Sukses

Kista Cokelat pada Wanita

07 Nov 2014, 14:38 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok 3 bln yg lalu sy dfonis doktr terkna kista coklat diamtr 4 cm.sy baru mnkah sktr 8 bln.sya jarang sekali berhub.intim dg suami sya terkadang 1 bln tdk sama skali kmarn ktka sy slsai hub.dg suami saya mengeluarkan sdkit darah.adkh hub.annya dg kista sya apa membesar atau gmana dok

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Lapisan rahim terdiri atas 3 lapisan, perimetrium yaitu lapisan bagian luar, miometrium yaitu lapisan otot polos yang berada di tengah, dan lapisan endometrium yang umumnya meluruh ketika terjadi menstruasi. Endometrium umumnya hanya berada di dalam rahim. Endometriosis adalah lapisan yang menyerupai endometrium tumbuh dan ditemukan di luar rahim, umumnya pada indung telur, saluran tuba, dan panggul.

Lapisan endometrium yang terdapat di luar rahim juga berespon terhadap siklus menstruasi, sama seperti lapisan endometrium di dalam rahim dimana pada menstruasi, lapisan endometrium akan meluruh dan berdarah, baik lapisan yang terdapat di dalam maupun luar rahim. Akibat peristiwa ini, setiap kali haid, lapisan tersebut menghasilkan darah haid, yang akan terus menerus tertimbun dan menjadi kista.

Bagaimanapun juga lapisan endometrium yang berada di luar rahim tidak memiliki jalan keluar untuk perdarahan yang dialaminya setiap bulan sehingga lapisan disekitarnya akan meradang dan membengkak. Kista yang terdapat di dalam indung telur akibat dari endometriosis disebut dengan endometrioma.

Endometrioma atau kista endometriosis coklat ini merupakan tahapan akhir dari akumulasi perdarahan akibat endometriosis. Keduanya dapat menyebabkan nyeri sewaktu haid dan gangguan kesuburan.  Endometriosis dapat diobati dengan menggunakan analgetik atau antinyeri untuk mengurangi rasa sakit sewaktu menstruasi, terapi hormonal ataupun operasi.

Endometriosis memang dapat berpengaruh pada fertilitas (kesuburan) karena terjadinya gangguan pada lingkungan rahim sehingga perlekatan sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim menjadi terganggu. Pada endometriosis yang sudah parah, dapat terjadi perlekatan pada rongga panggul, saluran tuba, atau indung telur yang dapat mengganggu transportasi embrio.

Adanya kista cokelat atau kista endometriosis memang dapat menyebabkan keluhan rasa nyeri sebagai gejala spesifik, dan keluhan lemas, lelah serta gangguan tidur sebagai gejala yang tidak spesifik.

Bila kista dan endometriosis tidak ditangani, maka akan menghambat Anda untuk memiliki keturunan. Namun, bila kista endometriosis Anda sudah ditangani, dan tidak terdapat gangguan permanen pada saluran reproduksi Anda ataupun memang tidak ada kelainan lain yang mengganggu kesuburan Anda, maka Anda dan suami dapat memiliki keturunan. Bagaimana dengan kondisi Anda saat ini? Adakah gangguan lain pada sistem maupun saluran reproduksi Anda? Bagaimana dengan kesuburan suami Anda? 

Sayang sekali kami memang tidak mengetahui dengan detil kondisi Anda dan suami Anda saat ini. Konsultasikanlah dengan dokter Anda mengenai kekuatiran Anda. Anda dapat bertanya kepada dokter Anda mengenai penjelasan kondisi Anda saat ini dan pilihan-pilihan penanganan yang paling sesuai dengan Anda. Jika memang kondisi Anda dan suami masih memungkinkan untuk memiliki secara keturunan secara alami maka Anda dan suami belum memerlukan bantuan teknologi. Namun, jika tidak memungkinkan maka, dokter dapat menyarankan beberapa teknologi berbantu (misal: inseminasi buatan, bayi tabung)

Namun tidak ada salahnya, Anda juga melakukan pemeriksaan kesehatan lengkap untuk memantau kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tetaplah juga melakukan pemeriksaan kesehatan berkala (Medical Check Up) untuk memantau kondisi kesehatan Anda.

Kami sertakan artikel: Kapan Anda memerlukan Medical Check Up? sebagai tambahan informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar