Sukses

Minum Terlalu Banyak, Tidak Baik?

14 Nov 2014, 10:11 WIB
Wanita, 51 tahun.

Kata seorang dokter minum banyak juga tdk baik,krn membuat ginjal kerja keras,harus sesuai dg yg dikeluarkan(urin). Bagaimana menurut dokter? Saya paling banyak minum air/teh/kopi 1200ml/hr. Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Air tidak hanya berfungsi untuk memuaskan dahaga. Tetapi, air merupakan obat yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan, menjernihkan pikiran, dan menjaga keseimbangan dalam jaringan-jaringan tubuh Anda. Tahukah Anda, sebagian besar dari tubuh terdiri dari air dan setiap sel sebagian besar terdiri dari air. 70% dari tubuh Anda terdiri atas air. Air ini digunakan terus-menerus dalam proses kehidupan. Karena itu, Anda harus selalu mengisi persediaan.

Jika Anda kekurangan air, sel-sel akan mulai menarik air dari aliran darah. Akibatnya, darah akan mengental, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah dan tubuh akan mulai mengarahkan darah menjauh dari area yang kurang vital. Dehidrasi mungkin saja sudah terjadi sebelum Anda merasa haus. Hal ini merupakan beban bagi tubuh karena akan mengganggu fungsi ginjal dalam menjernihkan darah dan membantu tubuh melepaskan racun-racun. Selain itu, air juga meningkatkan metabolisme dan menstimulus fungsi usus.

Bolehkah minum air terlalu banyak?

Tubuh hanya menggunakan air secukupnya dan mengeluarkan sisanya melalui urine. Jika Anda minum air dalam jumlah cukup, biasanya Anda akan buang air kecil setiap 2 jam sekali. Tandanya, semakin jernih air seni Anda, berarti tubuh Anda semakin cukup air. Tubuh tidak menyimpan air, jadi minum air dalam jumlah berlebih tidak akan menambah manfaatnya. Anda dianjurkan untuk minum air sebanyak 1/2 berat badan dalam ukuran ounce air (1 ounce air setara dengan 0.0284 liter). Sebagai contoh, jika berat badan Anda 150 pon (75 kg), sebaiknya Anda minum 75 ounce air (2.13 liter air). Secara umum, jumlah kebutuhan cairan tubuh adalah 2 liter atau 8 gelas per hari.

Ada beberapa kondisi tertentu yang harus mengurangi kebutuhan cairan, contohnya adalah penderita penyakit gagal jantung atau gagal ginjal.

Sehat dengan Terapi Air Putih (2 May 2009)

6 Alasan Harus Cukup Minum Air Putih (18 February 2009)

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

TIm Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar