Sukses

Anak Batuk Berdahak

14 Nov 2014, 09:23 WIB
Wanita, 1 tahun.

Anak sy berusia 1,5 Bulan.Skr ini sakit batuk,berdahak.Sdh diberi obat dr Bidan,diminumkan 2x sehari,cm msh batuk dan dahak sukar keluar.Dahak bs keluar ketika anak sy muntah,tp jd kasihan.Bagaimana cara mengeluarkan dahak tersebut dan batuknya bisa sembuh.Terima kasih.

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk buah hati Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya kami ingin mengajukan beberapa pertanyaan. Obat apa yang diberikan bidan untuk anak Anda? Sudah berapa lama batuknya? Apakah terdapat riwayat alergi dalam keluarga Anda? Apakah ada keluhan lain seperti demam, berat badan turun, sesak napas/napas cepat, suara ngorok saat tidur? Kapan biasanya batuk muncul apakah pada pagi/malam hari?

Batuk penyebabnya macam-macam, bisa karena alergi atau infeksi saluran napas. Pada umumnya batuk yang disebabkan oleh virus bisa sembuh sendiri. Namun batuk pilek bisa menjadi berbahaya dan menyebabkan pneumonia (infeksi paru-paru) sampai sepsis jika tidak segera ditangani dengan baik. Jika batuk berdahak, anak tampak sesak, suara napas berubah, anak menjadi rewel, demam, sebaiknya periksakan ke dokter.

Batuk yang keras dan sering memang dapat menyebabkan anak muntah karena memicu gag refleks (refleks muntah) dan tekanan pada daerah perut. Batuk yang lama/berulang pada anak dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah karena reaksi alergi, terutama bila batuk berupa batuk kering. Pada anak jika tidak terdapat demam maupun sesak, kemungkinan batuk tidak disebabkan oleh proses infeksi.

Konsultasikanlah dengan dokter speaialis anak Anda agar dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut penyebab batuk pada buah hati. Bidan mempelajari masalah kehamilan dan melahirkan, mengobati kasus batuk pilek pada anak maupun dewasa bukanlah kompetensi mereka. Dosis obat pada anak juga harus disesuaikan dengan berat badan, tidak boleh sembarangan. Sebaiknya bawa anak Anda ke dokter untuk mencegah terjadinya perburukan.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar