Sukses

Nafas berbunyi dan dada terasa sakit

11 Mar 2015, 07:46 WIB
Pria, 44 tahun.

mau tanya dok, sy punya anak sekarang umur 10 th namun sejak kecil sudah menderita, dengan gejala seperti kalo nafas sering berbunyi, dada terasa sakit, dan ini hanya sewaktu-waktu kalo kambuh aja. apa nama penyakitnya dok dan bagaimana mengatasinya, trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan terhadap si buah hati. berdasarkan keluhan yang Anda utarakan, kami mendugaa terjadinya gangguan pada paru-paru anak anda.

bagaimana bunyi nafas yang terjadi pada saat terjadis erangan? Apakah terdengar bunyi mengi? Adakah keluhan lain yang menyertai, seperti demam? Adakah kelluarga dekat yang juga mengalami hal serupa? Adakah riwayat alergi?

Bila tidak disertai demam, krmudian terdengar suara mengi saat terjadi serangan, Kami mencurigai anak anda terserang penyakit asma. 

Asma adalah penyakit kronis (berlangsung lama) yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (wheezing) dimana derajat keparahan setiap orang berbeda-beda. Pada saat serangan, yang terjadi adalah menyempitnya jalan napas kita akibat dari penyempitan bronkus yang menyebabkan udara sulit keluar masuk paru. 

Faktor risiko terbesar asma adalah genetik. Faktor risiko lainnya yang dapat mencetuskan timbulnya asma adalah:

  • alergen (zat yang menyebakan alergi): debu, karpet, bulu binatang, polusi kendaraan
  • asap rokok
  • udara dingin
  • iritasi zat kimia
  • olahraga berlebihan
  • infeksi virus: influenza

Secara umum gejala asma adalah sesak napas, batuk berdahak dan suara napas yang berbunyi ngik-ngik atau mengidimana seringnya gejala ini timbul pada pagi hari menjelang waktu subuh, hal ini karena pengaruh keseimbangan hormon kortisol yang kadarnya rendah ketika pagi dan berbagai faktor lainnya.

Faktor genetik merupakan faktor yang tidak dapat dimodifikasi. Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat dicegah dan dapat dikontrol dengan tata laksana yang tepat. Intinya adalah setiap pasien harus mengetahui secara pasti apa saja yang membuat asmanya kambuh, langkah selanjutnya adalah menghindari faktor tersebut agar tidak kambuh. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,
Tim Redaksi KlikDokter 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar