Sukses

Pencegahan Kejang

07 Nov 2014, 15:49 WIB
Pria, 39 tahun.

Dokter Yth. Isteri saya dulu sering kejang, namun setelah berobat ke rumah sakit, alhamdulillah sudah lebih dari 4 tahun ini kejang itu tidak pernah muncul lagi. yang ingin saya tanyakan apakah sudah boleh isteri saya menghentikan mengkonsumsi obat yang selama ini rutin di minumnya setiap hari spt : carbama zepin, asamfolat, dan Ibuprofen.. terima kasih atas jawabannya..

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sebelum menjawab tentang pertanyaan Anda, izinkan kami menjelaskan sedikit mengenai epilepsi. Epilepsi adalah sebuah gangguan saraf kronik yang ditandai oleh kejadian kejang berulang akibat gangguan aktivitas listrik di otak.  Setiap kondisi yang menyebabkan gangguan pola normal aktivitas saraf dapat menyebabkan kejang. Epilepsi dapat timbul dari perkembangan sel saraf yang tidak normal, ketidakseimbangan senyawa kimia dalam otak, atau kombinasi keduanya. Namun tidak semua kejang dapat dikatakan sebagai epilepsi. Diagnosis epilepsi baru ditegakkan setelah dilakukan wawancara medis lengkap dan pemeriksaan EEG. Bagaimana dengan istri Anda?

Terapi pilihan untuk epilepsi adalah dengan pemberian obat antikejang. Jenis obat yang dipilih disesuaikan dengan jenis dan variasi kejangnya. Kebanyakan pasien hanya memerlukan satu jenis obat (monoterapi), meski masih terdapat beberapa yang memerlukan dua jenis obat antikonvulsan atau lebih. Seperti misalnya karbamazepin yang Anda minum. 

Sampai saat ini, epilepsi belum dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol dengan obat-obatan yang mencegah terjadinya epilepsi. Sebagai kesimpulan, orang dengan epilepsi dapat hidup secara normal. Yang terpenting adalah penderita epilepsi tersebut mengikuti terapi yang sudah ditentukan oleh dokter, hindari pencetus kejang (bila ada), makan makanan bergizi, olahraga teratur, dan hindari stres.

Kami menganjurkan agar istri Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis saraf untuk mendiskusikan penanangan yang tepat. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, Semoga informasi ini bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar