Sukses

Maag dan Liver

12 Mar 2015, 07:46 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok, sudah 3 bulan ini penyakit maag saya sering kambuh. Tapi ini tidak seperti biasanya.klo biasanya perih, kali ini mual sepanjang hari. Sempat periksa, trnyta maag saya kronis dan liver katanya bengkak. Apa mual saya murni karna maag? Lalu apa hubungannya maag dengan liver?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sakit maag yang anda rasakan di dalam terminologi kedokteran dikenal dengan gastritis / peradangan pada lambung. Karena gastritis ini sudah berlangsung lama maka disebut dengan gastritis kronik.

Penyebab dari gastritis ini diantaranya adalah :

  • penggunaan obat-obat NSAIDs, alkohol dalam jangka panjang
  • infeksi Helicobacter pylori
  • refluks cairan pankreas dalam lambung

Pengobatan / terapi yang dilakukan disesuaikan dengan penyebabnya. Antibiotik digunakan apabila penyebabnya adalah bakteri. Apabila penyebabnya adalah obat-obatan /alkohol maka pemakaian sebaiknya dihentikan. Obat pengurang asam lambung seperti antasid, ranitidin, PPI dapat digunakan untuk mengurangi gejala.

Pencegahan gejala adalah menghindari segala macam pencetus yang menyebabkan maag anda kambuh. Seperti telat makan, makan-makanan pedas/asam, stress, kopi, dan lain-lain.

Endoskopi dapat dilakukan apabila nyeri tidak juga berkurang dengan obat-obatan atau terus menerus kambuh. Alasan lain adalah kecurigaan terdapatnya perlukaan lambung atau disebut dengan ulkus gaster. Namun untuk mengambil keputusan endoskopi harus dikonsultasikan terlabih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter yang merawat anda.

Sakit liver merupakan istilah awam yang menyatakan terdapatnya gangguan di hati. Gangguan di hati dapat berupa hepatitis, hepatoma (kanker hati), gangguan hati karena kolesterol, gangguan hati karena alkohol, sirosis hepatis, dan banyak lagi. Perlu dipastikan lagi kepada dokter yang merawat anda mengenai apakah penyebab penyakit liver tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar