Sukses

Mudah Lelah dan Asam Lambung

07 Nov 2014, 11:52 WIB
Pria, 26 tahun.

halo Dok, saya sering merasa mudah lelah atau kurang bugar, apakah ini ada hubungannya dengan gangguan asam lambung yang saya miliki? porsi makan saya juga sedikit tidak bisa banyak, terakhir olah raga apa yang cocok bagi pengidap gangguan asam lambungg?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah baru kali ini saja Anda sering capek atau sudah beberapa lama? Perasaan mudah lelah dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diperiksa lebih jauh. Mungkin diperlukan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan darah lengkap. 

Anda dapat mencoba mengurangi aktivitas agar tidak berlebihan, istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu). Tidak ada olahraga spesifik yang cocok ditujukan bagi pengidap asam lambung.

Berikut adalah saran yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi maag :

  1. Hindari rokok dan asap rokok
  2. Hindari stress
  3. Olahraga selama 30 menit dengan frekuensi minimal 3 kali seminggu
  4. Tidur cukup dengan durasi minimal 8 jam per hari
  5. Makan sedikit tapi sering. Frekuensi makan dapat ditingkatkan hingga 6 kali sehari, dengan pembagian 3 kali makan besar, 3 kali makan kecil (snack)
  6. Jangan konsumsi apapun dalam durasi 4 jam sebelum tidur
  7. Jangan berbaring setelah makan
  8. Hindari alkohol, kopi, cokelat, tomat, bawang, makanan berlemak, atau pedas
  9. Jangan kenakan pakaian ketat, terutama yang menekan bagian perut
  10. Hindari konsumsi obat-obatan golongan nitrat, antikolinergik, antidepresantrisiklik dan NSAID tanpa petunjuk Dokter, dan selalu informasikan Dokter Anda bila Anda memiliki penyakit maag

 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter  

    0 Komentar

    Belum ada komentar