Sukses

Batuk Lama

07 Nov 2014, 11:54 WIB
Pria, 26 tahun.

Selamat sore. Saat ini saya menderita batuk2 kurang lebih sudah 4 tahun. Ciri batuknya : batuk2 kecil, frekuensi cenderung jarang2, namun biasanya menjadi agak saat setelah makan atau saat berkendara motor. Kadang mengeluarkan dahak putih sedikit. dan juga sering bersin. Saya sudah periksa ke dokter umum dan cek dahak dan menurut dokter saya hanya alergi debu, saat diberi obat, batuk hilang. Namun setelah obat habis batuk muncul kembali. Masalahnya sudah seminggu ini, di bagian dada saya kadang terasa sakit menusuk. Hanya beberapa detik kadang di dada kiri, kadang juga di kanan. Mohon saran dan informasi lebih lanjut. Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sebelumnya ada beberapa pertanyaan, apakah bapak Anda merokok? sudah berapa lama batuk ini terjadi? apakah ada alergi?Apakah ada penurunan berat badan? Apakah ada riwayat flek di paru-paru? Apakah ada sakit jantung? apakah anggota rumah ada yang menderita hal ini?  

Untuk batuk yang berlangsung lama dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti alergi, post-nasal drip, asma, GERD (gastro eseophageal reflux disease), Infeksi paru-paru, bronchitis kronis, dan obat anti-hipertensi. Namun bila memang disertai dengan sesak bisa saja ada asma. Untuk mendiagnosa penyakit untuk bapak Anda sepertinya hal yang cukup sulit, sebab dibutuhkan pemeriksaan tubuh, serta mungkin beberapa pemeriksaan penunjang oleh karena itu kami sarankan agar Anda membawa bapak Anda ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau ahli Paru-Paru. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar