Sukses

Apakah Kanker Kelenjar Getah Bening Menurun?

12 Mar 2015, 08:13 WIB
Wanita, 33 tahun.

Hallo dok.. 3 tahun yg lalu suami sy terkena kanker kelenjar getah bening stadium awal. Yang ingin sy tanyakan apakah sel kanker suami menurun ke anak2 saya?Karena saat suami divonis kanker, anak sy berusia 1 bulan dan anak sulung sy 1tahun.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kanker kelenjar getah bening atau limfoma adalah kanker ganas yang berkaitan dengan sistem limfatik yaitu sejenis kanker pada sistem limfatik yang tumbuh akibat mutasi (terjadinya perubahan) sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal menjadi abnormal dan ganas.

Yang di maksud kanker kelenjar getah bening atau limfoma adalah kanker yang menyerang sel darah putih atau mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih) dan mengumpul dalam kelenjar getah bening dimana sel-sel tersebut cepat berkembang biak dan tidak terkontrol, sehingga mengakibatkan sel limposit tersebut tumbuh pada berbagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, sum-sum tulang, darah maupun organ lainnya.

Penyebab dari penyakit kanker kelenjar getah bening ini bisanya disebabkan oleh infeksi dari berbagai organisme yaitu bakteri, virus, protozoa, riketsia dan jamur. Secara khusus infeki tersebut menyebar ke kelenjar getah bening dari infeksi kulit, telinga, hidung atau mata. Penyebab pasti tidak diketahui, tetapi bukti-bukti menunjukan adanya hubungan dengan virus yang masih belum dapat dikenali.

Ada empat kemungkinan penyebabnya yaitu

  • Faktor keturunan,
  • Kelainan sistem kekebalan,
  • Infeksi virus atau bakteri
  • toksin lingkungan (herbisida, pengawet, pewarna kimia).toksin lingkungan (herbisida, pengawet dan pewarna kimia).

Jadi ada kemungkinan kanker yang diderita suami anda akan menurun kepada anak-anak Anda. Sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin juga terhadap anak-anak Anda, sehingga apabila terjadi gangguan dapat terdeteksi segera.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar