Sukses

Menghilangkan Bekas Jerawat Dan Luka Akibat Knalpot

23 Jan 2015, 03:28 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok... saya mau tanya , bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat ?? karena saya sudah memakain krim dari dr tempat saya perawatan masih saja belum hilang.. dan cara menghilangkan bekas luka di kaki yg sudah lama akibat kena knalpot

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Bekas jerawat biasanya dapat berupa bekas kehitaman atau lapisan kulit yang masuk ke dalam. Warna kulit kemerahan merupakan tanda bahwa di kulit Anda masih terdapat reaksi inflamasi aktif. Penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat.

Untuk pengobatan topikal, dapat menggunakan retinoic acid dioleskan pada malam hari setiap hari. Obat ini dapat menghilangkan komedo, jerawat beserta dengan bekas jerawat, mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Awal penggunaan jerawat dapat muncul semakin banyak, kulit menjadi merah serta mengelupas, namun penggunaan obat harus tetap dilanjutkan sampai minimal 3 bulan, jika perlu seterusnya. Hindari paparan sinar matahari jika menggunakan obat tersebut atau gunakan sunblock dengan SPF minimal 30. Namun memilih sunblock juga harus berhati-hati karena sebagian besar dapat memicu munculnya komedo lebih banyak, pilihlah sunblock dan semua produk perawatan kulit yang berlabel non-comedogenic.

Cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu prosedur chemical peeling dan atau mikrodermabrasi. Rangkaian prosedur tersebut (krim malam, chemical peeling, dan mikrodermabrasi) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul.

Untuk memastikan kondisi kulit dan pilihan terapi terbaik, kami sarankan Anda untuk konsul dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bekas jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis krim, cairan kimia dan tindakan dengan konsentrasi / kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid). Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda.

Menghilangkan bekas knalpot yang Anda derita dan berwarna kehitaman dapat dengan menggunakan krim pengelupasan kulit atau chemical peeling atau mikrodermabrasi atau laser.  Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. Penanganan bekas luka yang menghitam ini bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi.

Anda dapat mendapat informasi apa yang sebaiknya dilakukan ataupun melakukan perawatan ini di Dokter Spesialis Kulit atau ke Klinik Perawatan Kulit yang di supervisi oleh Dokter. Memang tidak dapat langsung hilang, butuh beberapa kali perawatan, tapi hasilnya akan tampak samar atau hilang sama sekali tergantung seberapa dalam kelainannya.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar