Sukses

Beda Alergi dan Flek pada Anak

06 Nov 2014, 15:07 WIB
Wanita, 29 tahun.

lanjutan yang tadi,anak saya umur 9 bulan pernah cek ke specialis anak kata dokter anak saya alergi debu,yang mau saya tanyakan apakh jika alergi debu itu anak sering batuk pilek ? dan apakah sama dengan penyakit flek tqu

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Reaksi alergi dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu yang dikenal sebagai alergen. Saat alergen masuk melalui tubuh melalui hisapan, tertelan, atau kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh orang yang memiliki alergi akan bereaksi secara berlebihan, seperti gatal, sesak napas, atau bersin-bersin.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Dalam kasus anak Anda, sangat mungkin bahwa alergi anak Anda bukan hanya disebabkan oleh debu. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi anak Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, kondisi udara, dll yang memicu timbulnya alergi anak Anda.

AlMengatasi Alergi dengan Antihistamine

Alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh melepaskan zat kimia yang disebut dengan histamine, sebagai respon saat kontak dengan alergen (penyebab alergi). Histamine merupakan salah sat zat kimia yang menyebabkan peradangan dan berbagai reaksi alergi pada kulit, saluran pernapasan maupun mata.

Saat histamine dilepaskan selama proses reaksi alergi, anak Anda akan mengalami gejala-gejala alergi.

Meskipun antihistamine tidak bisa menyembuhkan gejala-gejala alergi, obat ini bisa menghambat efek histamine dan mengurangi gejala-gejala yang anak Anda alami. Antihistamine membantu meredakan gejala-gejala di saluran pernapasan, kulit dan mata.

Antihistamine akan bekerja lebih baik jika digunakan sebelum anak Anda merasakan gejala-gejala alergi. Jika digunakan secara teratur, antihistamine bisa membentuk perlindungan dalam darah untuk melawan alergen dan pelepasan histamine. Kami sarankan anak Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan tes alergi.  

Sedangkan flek paru yang sering diucapkan awam dan digunakan oleh para petugas kesehatan memiliki pengertian penyakit pada paru yang disebabkan oleh infeksi kuman tuberkulosis (TBC paru). 

Pengobatan harus sampai dinyatakan selesai oleh dokter, jangan sampai putus di tengah jalan karena dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius pada organ tubuh lainnya, bahkan hingga kematian.
 
Efek samping dari pengobatan TBC antara lain adalah mual, muntah, anoreksia, letih, malaise, lemah, gangguan saluran pencernaan lain, neuritis perifer, neuritis optikus, reaksi hipersensitivitas, demam, ruam, ikterus, diskrasia darah, psikosis, kejang, sakit kepala, mengantuk, pusing, mulut kering, gangguan BAK, kekurangan vitamin B6, penyakit pellara, hiperglikemia, asidosis metabolik, ginekomastia, gejala reumatik, gejala mirip Systemic Lupus Erythematosus.
 
Penting bagi Anda untuk menjaga kondisi kesehatan rumah, lingkungan dan keluarga Anda. Pastikan memiliki sirkulasi yang sehat dan sanitasi yang baik, guna mendukung masa penyembuhan sang buah hati, tanpa intervensi infeksi penyakit tambahan lagi dari anggota keluarga lainnya. 

Kami sertakan artikel berjudul: Alergi, untuk informasi lengkap anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar