Sukses

Kandungan Kafein pada Masing-Masing Kopi

06 Nov 2014, 15:23 WIB
Pria, 28 tahun.

Salam dok, Saya pria 28 tahun. Saya pecandu kopi. Saya mendengar beberapa informasi kalau minum kopi berlebihan tidak baik untuk kehidupan seks.. Walaupun informasi ini masih mitos, namun saya berniat untuk menjaga dan mengurangi konsumsi kopi (karena tidak ada yang menyarankan untuk berhenti sama sekali dari kopi). Tapi, saya masih bingung dengan kadar kafein pada suatu kopi yang saya konsumsi. Menurut beberapa informasi yang saya ketahui, sehari 300 mg masih batas normal. Pada kemasan kopi yang saya konsumsi, tidak terdapat informasi mengenai kandungan kafein pada kopi tersebut dan kontak yang terdapat pada kemasan juga sangat sulit untuk dihubungi. Yang ingin saya tanyakan, dapatkah dokter membantu mengenai informasi kadar kafein pada suatu kopi? Dengan tidak menyebutkan merek, saya mau tau informasi kadar kafein (dalam milligram (mg)) pada 1. Kopi putih (white coffee) 2. Kopi mix (coffee mix) 3. Kopi mocha 4. Kopi susu 5. Kopi hitam (yang ini sudah pasti paling tinggi, namun saya tetap ingin melihat perbandingannya) 6. Kopi decaf ( yang ini sudah pasti paling rendah, namun saya tetap ingin melihat perbandingannya) Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Dalam dosis kecil, kafein juga dapat ditemukan pada teh dan cokelat. Kafein merupakan suatu stimulan yang kuat dan memiliki beberapa efek samping seperti: gelisah, cemas dan insomnia. Sebagai gambaran, berikut kami sertakan masing-masing kandungan kafein pada kopi

Kopi hitam 8 oz. (237 mL) 95-200 mg
Kopi decaffeinated 8 oz. (237 mL) 2-12 mg
Teh  8 oz. (237 mL) 14-70 mg
Espresso  1 oz. (30 mL) 47-75 mg
Espresso, decaffeinated 1 oz. (30 mL) 0-15 mg
Instant 8 oz. (237 mL) 27-173 mg
Instant, decaffeinated 8 oz. (237 mL) 2-12 mg
Latte atau Mocha 8 oz. (237 mL) 63-175 mg

Sedangkan sekaleng minuman bersoda rasa kola mengandung 54 mg kafein dan sekaleng minuman berenergi mengandung setidaknya 80 mg kafein. Sedangkan sebungkus chocolate bar mengandung 9-30 mg kafein. 

Mengonsumsi kafein sebanyak 200-300 mg/hari atau setara dengan 2-4 gelas kopi/hari, merupakan batas aman yang dapat ditoleransi oleh orang dewasa yang sehat secara fisik. 

Konsumsi kafein yang berlebih yaitu lebih dari 500-600 mg/hari, dapat menyebabkan:

  • Insomnia
  • Gelisah
  • Perasaan khawatir
  • Gangguan lambung
  • Denyut nadi lebih cepat
  • Tremor (tangan menjadi gemetar)

Kafein dalam jumlah rendah dapat menimbulkan efek samping. Beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein, bahkan jika hanya minum 1-2 gelas kopi atau teh dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan seperti: gelisah atau gangguan tidur. Orang yang jarang mengonsumsi kafein cenderung lebih sensitif terhadap efek negatif yang mungkin ditimbulkan. Faktor lainnya adalah berat badan, usia, obat-obatan yang dikonsumsi dan kondisi tertentu.

Oleh karena itu cobalah pelan-pelan mengganti kebiasaan minum kopi Anda dengan air putih, jus buah segar ataupun susu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar