Sukses

Vitamin Untuk Kehamilan
12 Mar 2015, 09:03 WIB
Wanita, 30 tahun.

dok sy mau tanya vitamin yg bagus bt kehamilan ap? rencana sy proses kelahiran bsk mau normal tp sy pny hipertensi bs gak ya dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Pemberian suplemen ibu hamil dan susu ibu hamil adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan zat-zat gizi yang diperlukan ibu dan perkembangan janin. Pada prinsipnya adalah Anda perlu mendapat asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan. Cara terbaik adalah dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang, terdiri dari sumber karbohidrat (nasi, roti, ubi), protein (ikan, daging, kacang-kacangan), lemak (minyak, lemak daging, santan), sayur-sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, Anda perlu juga mengkonsumsi suplemen ibu hamil. Suplemen yang diperlukan dapat diperoleh dari tablet multivitamin khusus untuk ibu hamil. 

  • Untuk trimester pertama, Anda perlu asupan asam folat yang cukup untuk perkembangan syaraf janin. Asam folat dapat mengurangi risiko memiliki bayi dengan defek pada otak dan sumsung tulang belakangnya, disebut neural tube. Defek neural tube yang paling umum adalah spina bifida yaitu keadaan dimana tulang belakangnya tidak tertutup. Risiko dari spina bifida adalah kelumpuhan, inkontinensia, dan kadang retardasi mental. Asam folat , zat vitamin yang dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau, sereal, buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan buahan sitrus lainnya. Dosis yang dianjurkan adalah 400 mikrogram perhari untuk wanita normal dan 800ikrogram untuk wanita hamil. Folavit merupakan vitamin yang kerap diberikan pada wanita hamil yang berisi asam folat. Jadi dalam sehari Anda dapat mengkonumsi 2 tablet folavit.
  • Untuk trimester kedua dan ketiga, Anda perlu asupan Calcium dan Ferrum (besi) yang banyak terkandung dalam daging, ikan, telur, produk whole-grain, dan sayur mayor.Suplementasi kalsium dapat mencegah kehilangan densitas tulang ibu hamil karena janin menggunakan kalsium tersebut untuk pertumbuhan tulangnya sendiri. Sedangkan suplementasi zat besi diperlukan untuk ibu dan janinnya dalam fungsinya membawa oksigen dalam darah oleh sel darah merah. Dosis kalsium yang dianjurkan adalah 200 - 300 mg sehari, dan zat besi 30 mg

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi suplemen makanan, biasanya dari tablet multivitamin khusus untuk ibu hamil. Konsumsi susu hi-calcium juga diperbolehkan, namun menurut kami tidak perlu lagi bila Anda sudah mengkonsumsi tablet multivitamin yang disediakan khusus untuk ibu hamil, karena biasanya sudah mencakup kalsium di dalamnya. Anda dapat meminta vitamin ibu hamil kepada dokter kandungan Anda.

Untuk memantau pertambahan berat badan selama kehamilan Anda dapat melihat di Kalender Kehamilan

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar