Sukses

Belum Haid Setelah Melahirkan

06 Nov 2014, 12:40 WIB
Wanita, 26 tahun.

Salam kenal dok, saya mau nanya setelah saya selesai nifas setelah melahirkan, kenapa bulan berikutnya setelah nifas saya belum datang bulan lagi sampai hampir 3 bulan, kira" bahaya tidak untuk diri saya dan apa setiap melahirkan selalu seperti itu? Mohon penjelasannya Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.  

Pertama-tama kami ucapkan selamat atas kelahiran buah hati Anda. Apakah Anda sedang menyusui? Siklus haid setelah melahirkan  dapat kembali normal dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah Anda tidak menyusui kembali.

Jika Anda memberikan ASI ekslusif kepada anak selama 6 bulan pertama setelah melahirkan, maka istri Anda tidak akan mengalami menstruasi. Isapan bayi pada payudara ibu saat minum ASI akan menekan hormon-hormon reproduksi lain yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) dan untuk terjadinya menstruasi. Karena itu, selama ibu memberikan ASI ekslusif, secara otomatis ibu tersebut juga telah menggunakan suatu metode kontrasepsi yang dikenal sebagai metode amenore laktasi (MAL), sehingga dirinya tidak akan hamil lagi selama memberikan ASI ekslusif dan tidak mengalami haid. Kontrasepsi yang baik untuk ibu hamil adalah yang hanya mengandung hormon progesteron karena tidak akan mengganggu produksi ASI.

Untuk memastikan penyebab Anda belum haid, kami sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Pola Makan Terhadap Siklus Haid

7 Penyebab Haid Tidak Teratur

Hubungan Seksual Setelah Melahirkan

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar