Sukses

Obat untuk Kurangi Rasa Sakit saat Melahirkan

06 Nov 2014, 12:48 WIB
Wanita, 39 tahun.

saya mau bertanya obat apa yang tepat untuk mengurangi rasa sakit pada saat proses melahirkan.. saat ini saya sedang mengandung dengan usia kandungan 5 bulan.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan, dapat dilakukan operasi sesar. Operasi sesar adalah prosedur operasi dimana insisi (potongan) dilakukan pada daerah abdomen (laparotomi) dan uterus (histerotomi) dengan tujuan untuk melahirkan satu atau lebih bayi. Operasi sesar umumnya dilakukan apabila persalinan pervaginam (normal) mengandung risiko baik bagi Ibu maupun bagi janin. Meskipun pada saat ini terkadang operasi sesar dilakukan atas permintaan pasien yang sebenarnya bisa melahirkan secara normal.

Anestesi atau bius pada operasi sesar dapat dilakukan baik regional (spinal, epidural, kombinasi) atau lebih dikenal dengan bius lokal, maupun anestesi general (umum). Anestesi lokal digunakan pada 95% kasus dengan salah satu alasan agar Ibu langsung bisa bereaksi dan berinteraksi dengan bayi mereka segera setelah dilahirkan (terutama melakukan inisiasi menyusu dini).

Bagaimanapun juga, operasi sesar dengan risiko lebih tinggi, seperti kondisi hemodinamik atau kondisi umum Ibu kurang baik, perdarahan hebat atau Ibu memiliki kelainan darah, maka umumnya anestesi lokal tidak dilakukan. Pada kasus-kasus ini, dipertimbangkan untuk dilakukan anestesi general atau anestesi umum. Namun kerugian dari penggunaan anestesi umum adalah Ibu tidak dapat langsung berinteraksi segera setelah bayi dilahirkan. Selain itu, efek samping dari intubasi dan kemungkinan dari aspirasi pulmonal dimana cairan lambung masuk ke paru-paru akan lebih tinggi.

Jika pilihannya adalah melahirkan secara normal, dapat dilakukan dengan bantuan anestesi epidural untuk mengurangi rasa sakit. Namun memang sebaiknya Ibu mendiskusikan hal ini dengan dokter kebidanan dan kandungan Ibu.

Demikian penjelasan yang dapat  kami berikan, semoga membantu. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar