Sukses

Solusi Diabetes

06 Nov 2014, 15:43 WIB
Pria, 38 tahun.

Siang Dok,saya terkena pradiabetes dg gejala haus,lapar dan sering kencing,seteleh cek lab kadar gula darah acak saya mencapai 300 mg/dl,kolesterol 330 mg/dl dan Trigliserin 300 mg/dl,oleh dokter umum yang merawat diberi obat diabetes namanya metrik 2mm dan beberapa obat kolesterol dan TG,setelah mengatur pola makan dan olah raga,dan konsultasi ke dokter penyakit dalam,sekarang gula darah saya terkendali tes acak sekitar 150 mg/dl,apakah saya sudah menderi ta Diabetes type 2 ? apakah bisa kembali normal bila tdk minum obat,hanya olah raga dan mengatur pola makan ?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

 
Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pola hidup sehat dan berolah raga memang merupakan cara untuk mengendalikan kadar gula darah yang tepat. Tetap teruskan kegiatan Anda tersebut. 

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan hiperglikemia ( kadar gula tinggi dalam darah). Keadaan hiperglikemia ini disebabkan karena kurangnya produksi hormon insulin (diabetes mellitus tipe 1- faktor genetik, diderita sejak kecil) atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap insulin (diabetes melitus jenis 2-baru diderita pada masa dewasa akibat menjalani gaya hidup yang kurang sehat-berat badan berlebih, merokok,dll). Hormon insulin berfungsi untuk mengangkut gula yang ada di dalam darah untuk digunakan oleh sel-sel tubuh. Kekurangan hormon insulin atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap hormon insulin dapat mengganggu distribusi gula ke dalam sel-sel tubuh. 

Tujuan dari pengobatan diabetes adalah dengan mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Jika gula darah tidak stabil atau bahkan cenderung meningkat, dapat mengakibatkan komplikasi  mulai dari risiko terkena penyakit jantung, stroke, gagal ginjal hingga pada seluruh organ tubuh.

Jenis pengobatannya pun tergantung dari kadar gula darah Anda dan perjalanan penyakit pada Anda. Pengobatan mulai dari hanya menjaga pola makan dan gaya hidup, obat diabetes oral (tablet), hingga insulin. Jika Anda  menjaga pola makan dan olahraga teratur maka gula darah Anda akan bisa terus normal. Oleh karena itu tetap pertahankan pola makan dan gaya hidup sehat Anda, jangan lupa juga untuk selalu kontrol gula darah dan konsultasi dengan dokter.

Untuk informasi lengkap, Anda dapat mengunjungi Rubrik Diabetes yang kami miliki.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar