Sukses

Dampak Menunda Kehamilan

06 Nov 2014, 11:59 WIB
Wanita, 25 tahun.

saya seorang wanita berumur 25 thn dan baru saja menikah sekitar 3 bulanan.kami menunda keturunan krn suatu pekerjaan yg membuat kami menunda dulu.Yang jd pertanyaan dampak apa ya dok yg disebabkan kalau kita menunda kehamilan?selama ini saya dan suami ketika berhubungan seuami membuang sperma nya keluar.yg saya khawatirkan apakah suatu saat kami ingin memiliki keturunan apakah bermasalah dok pada saya dan apakah bisa cepat memiliki keturunan kembali trimakasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengucapkan selamat atas pernikahan Anda. Terkait penundaan kehamilan, apakah Anda menundanya dengan cara sanggama terputus atau ejakulasi di luar saja atau Anda juga menggunakan jenis KB tertentu. Berapakah usia suami Anda saat ini? Bagaimana dengan siklus haid Anda?

Sebetulnya tidak ada dampaknya jika Anda menunda kehamilan. Namun usia terbaik untuk melahirkan adalah di bawah 35 tahun. Semakin tua usia maka semakin tinggi risiko bagi ibu maupun janin, diantaranya:

  • Fertilitas/kesuburan menurun, semakin tua usia semakin sulit untuk hamil.
  • Risiko keguguran tinggi
  • Kelainan genetik: semakin tua usia, kualitas sel telu semakin berkurang dan risiko kelainan genetik seperti cacat bawaan meningkat. Kelainan tersering pada bayi adalah Down Syndrome.
  • Risiko penyakit meningkat selama kehamilan: diabetes, hipertensi, preeklampsia/eklampsia, sampai kematian.
  • Masalah selama melahirkan: wanita usia tua biasanya mengalami pemanjangan waktu melahirkan dan berisiko menyebabkan fetal distress.

Sama halnya seperti wanita, pria juga mengalami perubahan pada tubuh dan sistem reproduksinya seiring dengan usia. Walaupun produksi sperma tidak berhenti, tetapi produksi dan struktur transport sperma dapat melemah seiring dengan waktu. 

Jika jenis kontrasepsi yang Anda gunakan hanyalah dengan ejakulasi di luar dan baik Anda maupun suami memilki organ repdroduksi yang sehat, maka kemungkinan Anda untuk cepat memilki keturunan dapat terjadi. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Merencanakan Kehamilan 

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

Apa Ciri Sperma Sehat?

Kapan Harus Periksa Sperma?

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Jika Ingin Cepat Hamil

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar