Sukses

Kapan Si Kecil di Sunat?

06 Nov 2014, 12:53 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dokter, sy ingin bertanya. usia yang baik secara medis untuk anak laki-laki melakukan sunat itu berapa ya? apakah baik jika anak batita sudah disunat? atau akan ada efek sampingnya? terimakasih dokter.

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Dari segi medis, anak sebenarnya bisa disunat kapan saja, dari baru lahir sampai dewasa. Namun, kapan tepatnya, itu semua tergantung pada banyak pertimbangan. Waktu sunat bisa bervariasi, tergantung budaya dan kebiasaan. Ada yang terbiasa menyunatkan anaknya saat masih bayi atau balita, namun ada juga yang melakukannya saat usia sekolah. Tapi, banyak orang tua yang tak tega menyunat anaknya saat masih bayi, kecuali ada alasan kesehatan. 

Kapan menyunat anak memang sebaiknya mempertimbangkan aspek psikologis anak. Bila ia sudah cukup mengerti tentang sunat, sebaiknya lakukan ketika ia sudah siap dan bersedia melakukan secara sukarela. Jangan melakukannya dengan paksa. Selain menyulitkan dokter yang akan menyunat (karena anak menangis dan meronta-ronta), juga bisa membuatnya mengalami trauma psikologis yang bisa berdampak jangka panjang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (MP)

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar