Sukses

Nyeri Sendi

20 Nov 2014, 12:47 WIB
Pria, 63 tahun.

Slmt pagi dokter, Saya sering sakit nyeri sendi pada sendi di pangkal paha, saya minum obat meloxikam utk kurangi sakit.Apakah ada obat lain ya dok agar tidak sering kambuh nyeri sendi tsb? Saya olah raganya : speda dan tenis.Trims atas jwbnya.Salam hormat S.A.Prabowo Kebumen

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami turut prihatin atas gangguan sendi yang Anda rasakan. Sulit bagi Kami untuk memberikan informasi mengenai pertanyaan Anda tanpa mengetahui penyebab pasti masalah yang Anda hadapi dikarenakan keterbatasannya informasi dan sarana yang mendukung. Namun kami Nyeri Sendi yang Anda rasakan disebabkan masalah penuaan atau Penyakit sendi degeneratif yang berkaitan dengan kerusakan kartilago/tulang rawan sendi.

Apakah Anda sudah memeriksakan diri ke dokter terdekat?

Karena seringkali penderita datang berobat pada saat sudah ada deformitas/kerusakan sendi yang bersifat permanen, sehingga sulit untuk mengobatinya.

Kerusakan sendi akibat penyakit penuaan/degeneratif biasanya menyebabkan keluhan, seperti;

  • Nyeri sendi
  • Hambatan gerakan sendi
  • Kaku pagi
  • Krepitasi/bunyi 'klik' saat sendi digerakkan
  • Pembesaran sendi
  • Perubahan gaya berjalan

Penyakit ini timbul pada usia tua, terutama pada penderita dengan faktor risiko, seperti; Usia > 60 tahun, Wanita, usia >50 tahun atau menopouse, Kegemukan/ obesitas, Pekerja berat dengen penggunaan satu sendi terus menerus.

Apakah Anda memiliki faktor resiko diatas, selain dari usia?

Pengobatan penyakit ini bertujuan untuk mencegah progresivitas dan meringankan gejala yang dikeluhkan. Bisa dilakukan dengan Modifikasi gaya hidup, dengan cara: Menurunkan berat badan atau Melatih pasien untuk tetap menggunakan sendinya dan melindungi sendi yang sakit. Dapat juga diberikan Obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit, baik yang salep/gel topikal/terbatas pada bagian yang mengalami gangguan atau obat-obat minnum seperti; Diclofenac, Ibuprofen, Piroksikam, Mefenamat, Metampiron, atau Meloksicam.

Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter terdekat agar dapat dilakukan pemeriksaan dan mengetahui solusi yang tepat dari masalah yang Anda hadapi.

Berikut Kami sertakan artikel untuk menambah wawasan Anda:

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar